Alhamdulillah,

Kali ini kita akan membahas bagaimana meningkatkan tenaga mio atau motor matic pada umumnya, tidak hanya pada putaran bawah – menengah, tapi juga di atas. Ada dua karakter , motor teriak tapi kecepatan tidak bertambah – berarti rpm bisa naik tanpa batas (unlimiter) namun tidak membawa tenaga, pun ada yg tidak terlalu melengking namun pasti bertambah kecepatannya. Kalau hanya dengan feel (rasa) tentu tidak empiris, karena menurut para mekanik amerika ber filsafah : feeling must be metering ! (perasaan harus terukur). Oleh karenanya inilah beberapa part pendukung yang bisa di instalasi setelah melakukan bore up.

karburator keihin pe 28mm 550,000,-

Karburator besar

Karburator dengan venturi lebih besar menjadi primadona untuk mendongkrak tenaga di putaran atas. Semenjak karburator standard sulit untuk di reamer , maka karburator keihin pe28 mm menjadi pilihan tepat untuk dipasang. Selain instalasi pada intake manifold lebih presisi, ketersediaan part pendukung seting seperti spuyer (pilot jet/main jet) tersedia lengkap persis milik honda tiger. Jarum skep bisa diganti dengan milik honda megapro untuk menyempurnakan tuning.

Jalur roller dimodif sesuai tip OTOMOTIFNET

Modifikasi rumah roller

Memodifikasi jalur roller bergerak pada pulley didesain lebih landai dan panjang bisa menambah dorongan kepada fan belt pada gasingan RPM tinggi memuncak. Penggantian roller juga bisa menjadi opsi instan. Keputusan ini tergantung lintasan / jalan yang ditempuh, untuk daerah pegunungan yang lebih membutuhkan torsi, bisa jadi rollerĀ  ringan jadi subtitusi tepat. Sedangkan untuk perkotaan kisaran 9 – 10 gram adalah pilihan favorit. Namun kejelian tetap dibutuhkan untuk memilih roller sesuai kapasitas mesin yang ada.

cdi fino thailand

CDI FINO

Cdi sebagai otak pengontrol pengapian memang sudah dipercaya untuk menambah tenaga, serta membuka rpm. Semenjak cdi mio standard pun mampu meneriakkan mio standard ke rpm 11,000,- maka pilihan penggantian cdi ke jenis FINO, bukan ditujukan untuk membuka limiter, tetapi lebih karena kebutuhan pengapian yang lebih kuat dan tepat di RPM tinggi. Pabrikan cdi fino ada dua tipe, MORIC dan SEPCO, keduanya memiliki karakter yang berlainan, di satu sisi SEPCO lebih unggul pada putaran atas.

Power mio standard di rpm 10,000 5.8 dk / 4 nm,

DESAIN PISTON , KUBAH , NOKEN AS.

Kompresi yang relatif rendah, dengan kubah ruang bakar lebih terbuka biasanya memberi sinyal yang lebih bagus untuk kompresi di putaran tinggi. Karakter noken as dengan lift tinggi, durasi lebar, dan overlap cam tinggi dimana sisi klep exhaust lebih tinggi dibanding inlet akan memberikan tenaga besar pada putaran tinggi. Namun cam dengan karakter seperti ini biasanya membutuhkan pir klep yang lebih bagus, dan pemasangan lebih telaten , berhati-hati dan teliti. LSA akan mengatur rentang tenaga mesin apakah ia memiliki powerband lebar ataupun sempit.

cam thailand sps 13.1 dk @ 10000 rpm, / Torsi 9.26 Nm. Tenaga meningkat 2x lipat pada puncak rpm.

kurva power band Cam RAT

Mungkin bagian cam ini akan sangat misterius dan penuh rahasia…Disini bisa kita lihat bagaimana cam RAT diuji dengan noken as – noken as papan atas, macam SPS dan Kawahara K2. Lifter rata antara 6mm-6.5mm. Semua bagian mesin adalah konstanta termasuk pilot jet/main jet karburator, knalpot, dan penyetelan klep ada di 0,15-0,20mm. Hari ini kami hanya ingin belajar membuka diri dimana kelemahan cam RAT, dan dimana kelebihan cam dari dunia luar, karena bagaimanapun kesempurnaan tidak akan pernah jadi milik kita melainkan ALLAH SWT :) Hasilnya torsi dan tenaga memiliki angka-angka tersendiri, dan karakter tersendiri. Inipun semuanya tabel yang kita keluarkan adalah tenaga minimum yg dikeluarkan, namun kemampuan maksimal belum keluar semua dan dirasa sanggup menggebrak di 18 dk.

Namun apapun itu , menaikkan tenaga itu adalah tergantung dari ketelatenan dan kesabaran dalam melakukan setting. Ingat mesin hanyalah benda mati yang tak akan menyusahkan kita, melainkan interaksi antra pemilik motor dan mekanik yang seringkali menimbulkan keragaman. Mengutip pernyataan seorang pemilik motor fu bore up 200cc yang menggapai 30dk, bro Wildan Zuhdi, bahwa “komunikasi yang baik dalam mnyampaikan konsep mesin antara ideal yang dinginkan oleh customer dengan sang mekanik akan mempengaruhi hasil sbuah mesin yang di upgrade. Karena membangun sebuah mesin performa tinggi sangatlah eksclusive. Eksclusive dalam arti antara satu customer dengan lainnya beda selera walaupun dengan motor yang sama. Dan hanya orang yang ber dedikasi tinggi dalam riset pula lah akan memiliki motor dengan tenaga paling istimewa “>

Untuk request yang tidak umum inilah mekanik mesti berani mnyampaikan bahwa itu semua bisa diatur, yang penting WANI PIRO…? Hahahaha…

special thanks to : mio owner Irawan Priyo S (ITS Technical Engineering), mas adi prayitno (BM Dynotesting Technical)

Tetap- SEHAT , Tetap – SEMANGAT!! Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari!

RAT MOTORSPORT

RAYA BYPASS JUANDA N0. 1

SIDOARJO – JAWA TIMUR

085645577007

bbm pin 28a08677

About these ads
Komentar
  1. Khay mahera mengatakan:

    Boz, ane pengen nambah speed&power revo fit. Ane udah punya karbu mikuni 28, filter koso, busi iridium. Gmn setingan pj&mj karbu mikuni yg pas buat mesin standard tanpa bongkar head block? Ane pengen cuma maen pengapian+karbu. Gmn solusi na? Thx

  2. kiki mengatakan:

    salam kenal buat rat yg memuat artikel bermanfaat
    fb: rotor2custom616@yahoo.com yogyakarta

  3. azuma mengatakan:

    Salam Kenal buat RAT
    saya tertarik bgt pingin tuning motor axelo saya ke RAT, tapi kq ya jauh ya (saya di salatiga jawa tengah)
    spek motor saya :

    boreup 147cc (kata org bengkel pakai low kompresi)
    noken uda dibubut ulang (tapi gagal kayaknya (krn saya ga ngerasain hal positif setelah noken dibubut dan saya ngerasa malah top speed turun, dan skrg lg nunggu noken baru (lg dikirim))
    per klep sonic
    cilinder head standar
    CDI BRT Dualband
    Knalpot standar.
    Filter udara standar bawaan motor

    Fungsi Motor cuma buat harian.

    Sdikit cerita,
    Dengan ubahan mesin motor saya diatas, ketika pakai karbu standar motor larinya enak, baik dr putaran bawah ampe menengah, cuma atasnya ga mau teriak alias ketahan bgt).

    Terus saya ganti Karbu Keihin PE 24 dg tetap menggunakan box filter udara standar (filter dalamnya dilepas)

    Masalah muncul ketika saya ganti karbu keihin PE 24 (katanya Thailand punya, hrg Rp. 750rb)
    Ketika pasang karbu PE 24 dengan Pilot jet 38 dan main jet 118 (klo ga salah)
    Motor saya ketika larinya uda nyampe 80 km/jm, ada suara kling kling kling, dan klo mesin uda panas, tambah parah (60 km/jm uda bunyi kling kling kling), terus saya coba ganti bensinnya dengan pertamax plus, tp bunyi kling kling kling tetap ada.
    terus sama org bengkel, pilot jet saya di naikkan (Ga tau berapa) dan main jet tetap, ketika dilakukan penggantian pilot jet, bunyi kling kling kling hilang sama skali, tp timbul masalah baru, yaitu di putaran atas, tenaganya ndut ndutan, pernah saya ajak lari 90 km/jm, tiba2 tenaga ilang, tp ngisi lagi, begitu jg ketika 110 km/jm tenaga ilang sesaat dan ngisi lagi.

    lalu sama orang bengkel dilakukan penggantian pilot jet dan main jet bbrp kali, tp tetep aja ga sempurna, lalu ditarik kesimpulan katanya permasalahannya di filter udara, saya harus open filter atau ganti filter racing (di anjurkan K&N RA-0510 atau RU-1280 jgn yg laen).

    Klo dr cerita saya diatas, gimana pendapat RAT, apa yg harus saya lakukan.
    apa benar permasalahan motor saya ini gara2 filter udara? atau ada faktor lain?

    Saya uda pusing upgrade neh axelo.
    Kalau saya mau tuning axelo saya di RAT, kira2 dana yang harus saya siapkan berapa ya?

    Thanks sebelumnya.

  4. candra mengatakan:

    mu tannya.
    mio saya bore up pake seher byson, klep sonic, noken as standar bubut.
    skarang jebol, saya mau bikin mtr berani balap tapi bisa di pake harian, di gimanain yah.???

    mohon jawabannya, trimakasih.

  5. priyo mengatakan:

    mas broo..’ saya mau tanya…: motor fizzR bila akan saya rubah sperti dibawah ini bisa membawa kecepatan lebih kencang gak yah…”
    Motor FizzR:
    1.karbulator: ninja 250 cc
    2.CDI RACING
    3.BUSI RACING
    4.Oli Mesin pakai Oli mobil (karena kekentalannya kan bagus buat mesin motor 2tak)
    5.Oli samping racing
    6.spul pengapian dililit lebih tebal lagi menurut kecepatan yang diinginkan
    7.dipasang alat untuk menstabilkan pengapian
    8.Seqer masih standart
    9.klep lebih lebar dari yang aslinya..”
    10.knalpot kolong
    11.ban depan ukuran 2,15
    12.ban belakang ukuran 2,25
    13.bahan bakar bensoel
    14.kemudian di setiap bagian krug as akan dibuat lubang supaya lebih enteng putarannya( biar ga berat )

    nah kalau seperti ini menurut mas broo… saya harus tambahkan apa lagi supaya motor saya ini kecepatannya 2kali lebih maksimal dari kecepatan standart motor FizzR standart…?? harap balas ya… :)

  6. liestie mengatakan:

    bos mau tanya?kalo mau bikin mio 200 cc yg buat siap di ajak drag,kira2 hbs brp dut ya?

  7. rambutan bogor mengatakan:

    wew mantap :D
    kang mas, mau tanya kalo mau korek mio biar bisa lari 6 detik jarak 201 meter kira2 abis brapa ya?

  8. Uzud mengatakan:

    Motor sy hsx 125, piston oversize 200, cdi brt dual band, camshaft&karbu standar, putaran bwah ok, namun atasnya krang joss. Piye mas solusinya. Tanks

  9. arie mengatakan:

    mantabs kang hahahaha marakne pengen ae

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s