Sebelum melakukan final set up yaitu pada karburator, sebaiknya kita mengenal dulu siapa itu karburator apa bedanya sama generator halah… :) Carb adalah sebuah komponen pencampur udara v.s bahan-bakar dengan perbandingan kesesuaian tertentu dan mengkabutkannya ke dalam ruang bakar melewati intake manifold dan ruang porting terlebih dahulu. Cara kerjanya mengandalkan tekanan negatif atau kevakuman silinder saat melakukan langkah hisap. Ada dua jenis karburator, constant velocity yang mengandalkan skep dengan yang vakum dengan menkanisme membran, dua karburator ini memiliki keunggulan masing-masing. Yang pasti untuk balap butuh karburator yang dapat memberikan buka tutup secara konstan, bukan yang vacum, karena begitu mengadopsi camshaft racing dengan overlap besar otomatis tekanan negatif piston lebih tinggi karena langkah hisap dimulai jauh-jauh sebelum piston turun untuk langkah hisap. Karburator vakum akan bereaksi lambat terhadap perubahan ini.

Nah setelan karburator yang pas tentu sudah banyak yang tahu, kerja pilot jet adalah untuk mengatur idle hingga seperempat throtle open, pada putaran menengah yang bekerja adalah sedikit pengaruh pilot jet dan pengaruh clip position dan jarum skep v.s nozzle, pada 3/4 putaran gas yang bekerja hanya skep karburator dan perangkatnya, sedangkan full throtle murni tugas main jet.

Tujuan set up karburator sebenernya simple, mencari campuran molekul udara terhadap bahan bakar yang ideal guna membentuk senyawa yang mudah untuk dipantik busi dan memiliki potensi yang kuat untuk diledakkan. Perbandingan tertentu akan menghasilkan tenaga dan performa yang berbeda.

AFR 14 : 1 = adalah perbandingan ideal untuk pencampuran motor standard agar dapat bekerja normal.

AFR 13 : 1 = adalah perbandingan untuk performa, dengan sedikit basah namun keluran tenaga dapat optimal meski sisi ekonomis bahan bakar dikorbankan

AFR 15 : 1 = perbandingan kurus yang akan menghasilkan pemakaian bahan-bakar lebih ekonomis namun dengan resiko panas mesin berlebih cenderung menuju overheating

Oleh karena itu untuk sedikit membantu, berikut adalah tabel jetting karburator motor-motor yang ada di Indonesia, ukuran spuyer yang ingin dicari, tukar-menukar pilot jet-main jet untuk mencari setelan yang pas, oke deh tanpa banyak kata… selamat menikmati riset karburator kawan! :)

D.SWEGA -RAT MOTORSPORT-

Rumah Untuk Semua Rider

085645577007

Visit us @ Desa Tropodo Indah Blok N no. 26-28, Waru , sidoarjo

Tabel Ukuran Spuyer Motor

Tabel Ukuran Spuyer Motor

About these ads
Komentar
  1. Majuin Store mengatakan:

    Wah mantep ini bisa jadi bahan referensi buat motor kesayangan ane, terims banyak ya gan atas informasinya sangat bermanfaat buat ane salam http://www.majuin.com

  2. alwan mengatakan:

    mas, mau nanya…. stelan klep buat mesin jupiter z standart IN dan OUT nya yg pas brp…? trus stelan karburatornya…? tpi karburator saya sdah di limer jdi stelan klep nya di rubah ga..?

    #cpet blas mas

  3. deni agung nugraha mengatakan:

    bagai mana cara seting motor cs-1?

  4. andy rf mengatakan:

    salam kenal mas,,

    motorqu tiger 2007
    pada keadaan gas lamsang terus apabila di gas spontan motorqu sering mati sendiri, apakah ad masalah pada setingan karbu yy ??…..penyebab lainnya ap yy mnt bntuannya ????

  5. cxm mengatakan:

    bos..kalau spuyer ukuran 25 cocok g sm mesin standart??
    karena saya pake kenalpotnya tembak2

  6. ab mengatakan:

    mas klo jupi mx pake karbu king ,settingan pilot dan main jet nya gmn??
    pasnya pke pilot jet dan main jet nya brpa??

  7. AR mengatakan:

    Mas, sampen jual pilot jet set tuk mega pro gak ? klu ono sy maw….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s