MEMILIH KARBURATOR RACING

Posted: 15 Februari 2009 in drag bike, MESIN DAN BALAP
Tag:, , , , , , , , , , ,
PWK Carburetors
Producing power without compromise.
PWM Carburetors
An improvement over the best.
PJ Carburetors
The best selling carburetor for two stroke engines.
PE Carburetors
The carburetors that satisfy millions of people.

Bagaimana memilih karburator yang sesuai dengan kebutuhan mesin yang sudah kita bangun dan balap yang akan kita ikuti? Dengan banyaknya karburator aftermarket beserta kemasan-kemasan menggiurkan tentu membuat kita kesengsem dan takutnya menjadi gila belanja barang seperti tante-tante tanpa melihat kebutuhan. Asal karbu GEDE pasti kenceng! Keliru = Brebet mungkin iya heheheheā€¦ :) Walaupun karburator kecil asal kita dapat menemukan setelan yang pas akan jauh lebih baik.

Hanya sedikit berbagi ilmu tentang formula menentukan ukuran karburator ideal dengan kapasitas silinder mesin serta rpm max power yang diinginkan. Buka aplikasi calculator di komputer kalian dan siap menghitung.

THROTLE = VARIAN x SQRT ( DISPLACEMENT * PEAK )

Dimana THROTLE adalah nilai besaran venturi karburator yang kita butuhkan, merupakan diameter lubang dalam karburator dengan satuan millimeter. Ukuran ini nantinya menentukan karburator yang sesuai dengan RPM power mesin.

DISPLACEMENT adalah satuan kapasitas isi silinder dalam LITER.

PEAK yaitu puncak tenaga mesin pada putaran mesin maksimum yang ingin dikejar.

VARIAN adalah konstanta penentu apakah mesin kamu special engine ataukah mesin produksi massal. Nilai varian memiliki rentang 0.65 hingga 0.9 , dimana motor Moto GP memakai nilai maksimal yaitu 0.9, sehingga kelas MOTO GP 125 cc dimana mesin mampu berkitir hingga 14.000 RPM berani memakai karburator gambot sebesar 38mm, sedangkan kelas drag bike lokal biasanya cukup memakai karburator 34mm.

Sebagai contoh,

Kita ambil sebuah motor standar Jupiter z missal, dengan kapasitas 107cc, ingin mencapai tenaga di putaran 7500 RPM. Varian yang dipakai adalah 0.6

Sehingga ketika dimasukkan ke dalam rumusan tersebut adalah sebagai berikut :

THROTLE = 0.6 x sqrt ( 0.107 * 7,500 )

Didapat hasil Throtle adalah 16.9 atau jika dibulatkan adalah 17mm, itu merupakan spek standard pabrik yang tentunya sudah dihitung cocok untuk dipakai harian, nyaman dipakai menggonceng pacar -bagi yang jomblo ga usah iri :)

Motor dengan spek seperti ini jauh dari kata bikin ribet. Tapi kalo turun balap ya keburu kehabisan nafas dan ditinggal minum kopi sambil rokokan ama lawan di garis finish hehehehehhehe… Kasian.


Jika kita turun balap drag bike dengan motor jupiter z di kelas 125cc, biasanya tuner menggandeng karburator PE 28mm bukan tanpa alasan, karena tugas karburator tersebut harus mampu mensupport hingga 14.000 RPM, tinggal bagaimana CDI mampu menghasilkan kurva pengapian yang pas serta membuka limiter putaran mesin. Lantas mengapa MIO drag yang notabene memiliki kapasitas 200 cc juga memaki karb 28mm? Mungkin dikarenakan ingin mengejar performa mesin di putaran rendah, karena motor matic optimasi RPM ada di sekitar 8.000 RPM, oleh karena itu dengan perhitungan matang maka awal modifikasi yang presisi bisa berawal dari sini.

Kemampuan karburator mengatomisasi bahan-bakar serta fokus menyebar tenaga pada rentang RPM yang luas harus diimbangi klep dan ruang porting yang selaras.

Nah, seberapa besar reamer karburator ataukah keputusan untuk mengganti karburator dengan venturi yang lebih besar dapat berawal dari rumusan ini. Jadi keputusan yang bijak dapat menghasilkan pilihan karburator yang asyik dipakai harian, oke diajak turing, ataupun bertenaga istimewa saat dipacu untuk balap.

BEST REGARDS,

D.SWEGA

R.A.T MOTORSPORT INDONESIA

Visit us @ Desa Tropodo Indah N 26-28

WARU – SIDOARJO

East Java – Indonesia

Postal code : 61256

contact us @ PH : 0856.455.77.007

mail us @ dragswega201@yahoo.com

About these ads
Komentar
  1. irfan mengatakan:

    gan tapi kok saya amati di brosur brosur motor, ukuran karburator dengan rpm di power maksimum tidak sesuai ya? sudah saya pakai rumus agan tapi hasilnya ukuran venturinya dibawah venturi karburator yg dipakai… apakah itu berarti atpm bohong?
    mohon dibalas ya gan,saya sedng bingung soalnya mau menentukan karburator.
    terimakasih:)

  2. mohammad harsono mengatakan:

    pak bro…hitungan Throtlenya gimana caranya ngitung ??tak coba2 nggak ketemu..Sqrt itu ada nilainya nggak? …kl nggak ada nilainya, rumusnya salah dong..maklum gua lulus SD inpres kali ya.

  3. ilham gembell mengatakan:

    pujay cobain@ cba lu pake ukran 32….

  4. Luthfi efendi mengatakan:

    aq mao tnya, dirumah ada motor RX-King tahun 2005 pake karbu kotak (ninja RR).
    tp setelah aq stell xo dr settingan knalpotnya kurang memuaskan. pa yg hrz aq gnti???
    supaya setingan dan suaranya bisa seimbang////

  5. randi fernanda mengatakan:

    saya mau tanya,,
    sya ada motor supra fit
    bagai mana motor saya bisa kencang lari nya

  6. unang mengatakan:

    mas kalok semes di gw balapan drak di akek i kabulator opo mas

  7. andika mengatakan:

    qw mao kencang kendaraan giamana caranya?

    saya jga mao bunyi brebet tp aku ga tao hrus kaya apa stelanya

  8. andika mengatakan:

    aku mao kencang kndaraan caranya vha klo bleh tao?

  9. Pujay cobain mengatakan:

    asalamualaikum mas….maw tanya dunk……aq punya CBR ukuran standarnya 28mm karbunya…saya bisa pke ukuran yg lebih besar gk mas????klo bs ukuran yg brp?????

    • Luthfi efendi mengatakan:

      Anda bisa pake karbu yang ukuran standar atau bisa dengan karbu RX-King/ Ninja>
      tp dengan 1 syarat anda harus menyetel ulang keadaan motor CBR anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s