Meningkatkan Performa Minerva R150VX -jilid 2-

Posted: 6 September 2010 in MESIN DAN BALAP
Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , ,

http://www.ratmotorsidoarjo.co.cc

Alhamdulillah,

Wawan “RAT” in cool tuning minerva HEAD

Jodoh – mati – rejeki , memang sudah digariskan oleh yang maha Kuasa. Manusia hanya diwajibkan ber-ihtiar dan tawakal. Tak lama berselang dari modifikasi minerva R150VX pertama, datang kembali yang kedua. Kenapa dituliskan lagi untuk motor yang sama? Karena yang ini beda, aliran modifikasi kita memang dinamis, bukan statis, otak kita liar, jiwa kita bebas… Kita melukis konsep modifikasi, kita memahat mesin, kita merajut torsi dan tenaga… apa yang kita kerjakan adalah sebuah karya seni yang didasari ilmu pengetahuan. Setiap kesempatan yang dipercayakan kepada kami, tantangan untuk bergerak maju bukan kami jadikan halangan… Sungguh semoga janji ALLAH tak lepas, dan derajad kami ditinggikan olehNya.

Memasang pir klep dengan Special Tools …

Sebenarnya MR. D sudah lebih dulu datang ke bengkel R.A.T motorsport, tapi modifikasinya ketinggalan,  heheheh… cowo keren – macho kelahiran banjarmasin ini membuat kesan pertama  yang istimewa, datang dengan motor sport meraung-raung , suara menggelegar itu dikeluarkan dari knalpot super eksotisnya. Datang ke bengkel untuk konsultasi, kalau dijelaskan tampak serius banget mendengarkan, kayanya cerdas nih orang, rasa ingin tahu nya tinggi. Dia mengeluhkan minerva nya yang kalau sudah nyampe ke – 80 KPJ, susah naik lagi…  padahal motornya sudah dibekali CDI BRT shogun 125, Knalpot Free Flow, kemudian mas wawan menimpali, “Apa buku petunjuknya sudah dibaca mas, disitu tertulis maksimum kecepatannya memang cuma 90 KPJ”. Sontak mr.D terkaget-kaget, kok mas wawan yang lebih tau.. cape’ deh… :D hahaha…

Cylinder block di press, simulasi pemasangan mesin

Ternyata hidup mr.D sudah terkonsep rapih, dia memiliki laci anggaran yang sudah di plot, untuk body sekian, untuk upgrade kaki-kaki sekian, untuk mesin sekian… Ckckckc… dana upgrade mesin paling sithik rek… Emane… Untuk menyumbang R.A.T motors, dia memberi anggaran 1,5 JT.  Kalau begitu kita juga harus mengkonsep modifikasi yang rapih nih. “Boss, minta ditinggalin DP kek buat belanja barang n bayar ongkos bubutnya …” ujar saya memelas. Dengan sigap mr.D mengeluarkan sesuatu dari tas nya, Lhoalah lha kok Sirup Marjan dan Kopi Nescafe, mosok atene dibayar gawe sirop mbek kopi… wis persis dukun ae AHahHAhahahHA :D Okelah, dijanjikan besok sepulang ngantor mau mampir bengkel lagi katanya, karena kesibukan mr.D butuh motor untuk wara-wiri, dia minta izin untuk meminjam vario kami, ” ini gak bore up kan, ntar di gas ngangkat lagi” tanyanya, kami hanya tersenyum tipis penuh makna :) Rasakan sendiri lah..

Kalibrasi ulang karburator

Begitu sang empu pulang, fairing sontak ditelanjangi, mesin diturunkan, cylinder head + block dibuka untuk dibersihkan, kita pelajari lagi, kita rundingkan bersama konsep modifikasi mesin seperti apa yang akan kita jalani lagi. Setelah ketemu konsep diatas kertas, baru kita mulai bergerak. Piston 64milimeter jepang untuk model honda tiger kita gandeng, guna mendongkrak kapasitas minerva 145 cc menjadi 155 cc, lumayan lah. Blok silinder sekalian di overbore di bengkel kolter KARBI , di bilangan rungkut industri, ini ahli bikin liner seperti pabrikan jepang, terdapat alur menyilang pada liner namun jika diraba halus. Clearance piston kami request 0.04 milimeter ke dinding, bikin kaya motor road race an yo mas.  Kompresi tetap padat saat mesin panas karena ring semakin menekan ke dinding silinder, namun friksi piston ke dinding rendah. Lho, manteb to! Senang bukan bila dikelilingi rekan kerja yang pandai… ini memuji begini bukan karena kemaren dapet THR an kemeja dari mas Karbi wkkwkwkw… ya tak doain rejekinya selalu lancar mas karbi. :D

Karburator tuning by R.A.T

Karburator dibelanjakan dari pabrikan keihin tipe PE dengan venturi 28 milimeter, pilot jet # 42, main jet # 120. Intake manifol dari suzuki satria FU. Dicolokkan pada silinder head , skep dibuka penuh, lhaaa… ketahuan bagian mana saja dari porting yang menubruk :) Digambar, diberi tanda pakai stipo, baru deh menuju ke ruang eksekusi Foredom, disini biasanya kami menyalurkan inspirasi modifikasi paling lama… ruang porting. Kehati-hatian, ketelatenan, kesabaran diuji disini. Apalagi ini bulan ramadhan wah, pasti bagus-bagusnya bikin porting nih. :)

R.A.T sang pemahat

Intake masih tak jauh beda, karburator 28 milimeter, porting 28 milimeter, katub dari standardnya 30 milimeter, kita kecilkan menjadi 29 milimeter… LHO.. Lho.. LHo…? Edan po piye, ya memang otak kita “rusak” hahaha.. Inginnya meniru porting model downdraught, pokoknya begitu lah konsepnya. Bisa dipahami sendiri dari gambar. Nanti saya jelaskan untuk murid-murid privat modifikasi kohar ja Hahahha… :D Model ini sekalian proposal bagi boss dari kalimantan yang mau bikin motor drag, kalau baca posting ini semoga semakin cepat mengirimkan mesinnya :) hehehe… Aliran udara dibuat segila-gilanya memasuki ruang silinder, meningkatkan efisiensi volumetris mesin.

Konsep diatas kertas

Zuuunngg. Zunnngg.. teliti dan presisi

Valve dimodel back cut, apa sih ini, kok sering banget disebut-sebut, ya kurang lebih nya merubah katup standard menjadi mendekati model klep racing. Oleh karenanya saat kita ke bengkel bubut Arif Motor di bilangan kutisari, -ckckck nasib bengkel katrok mau kerja aja wara-wiri , untung bensin muter2 ini ga dimasukin ke nota – kita bawa sekalian klep racing TDR untuk dijadikan acuan. Sekaligus kita bubut piston dan memperdalam relief klep di permukaan piston. Wah tehnisi baru nya ini alim banget, begitu adzan terdengar, langsung kabur ke masjid, klep dibiarkan muter-muter diatas mesin bubut.. Lho he.. Lho he.. :D

cak Arief ‘MarQsA’

Olah rasa, cipta dan karsa…

Porting buang – LEGA

Porting buang gimana bang? Klep buang kita kecilkan jadi 24 milimeter, di area mendekati knalpot porting buang kita kikis selebar-lebar nya mendekati gasket knalpot bersisa 1 milimeter rata. Tujuannya apa, supaya nafas motor semakin panjang. Ga butuh tendangan balik? Butuh sih, dikit aja ga usah banyak-banyak. Itupun bisa diatur dari pipa knalpot dan noken as. Oiya, knalpot super eksotis yang dibeli oleh mr.D seharga hampir 1 JT terpaksa kami lengserkan, hahaha… soalnya emang cuma menang gaya, performa nihil! :) Makanya waktu mr.D datang ke bengkel dengan honda City nya mengantar knalpot standard wajahnya melaaasss gitu, nyesel kali ya dia beli knalpot :p makanya kok gak dari dulu-dulu dibawa ke R.A.T boss… hihihi…

Pick up ditata ulang menyesuaikan BRT Shogun 125

Kompresi relatif rendah karena piston tiger hanya mampu membentuk dome 2.5 milimeter, oleh karena itu yang kita kejar adalah rasio dinamis kompresi, durasi noken as diperkecil dibanding standard, lifter dibuat di kisaran 6.9 milimeter, buka-tutup klep cepat diiringi pir katub yang diganjal ring 0.5 milimeter. Sayang suara cam yang agak berisik kurang disuka oleh sang empu, tapi diakuin emang tarikannya lebih menyayat hati. Okelah, ganti noken as spec B, lifter 6.6 milimeter, tapi durasi diperlebar. Noise tereduksi, fokus keuatan mesin pada putaran atas. 2 kali naik turun mesin tidak apa-apa, dibayar dengan kepuasan menyaksikan laju motor mampu dibejek hingga mesin berteriak di gasingan 12.000 RPM tanpa halangan berarti saat mr.D melakukan test ride sendiri di jalan bypass juanda. 100 Kpj pada gigi 4 diraih dalam hitungan beberapa detik, dilanjut top speed yang dibatasi pada 120 kpj dikarenakan final gir belakang dibesarkan dari standardnya 38 ditingkatkan menjadi 40 mata. Peningkatan top speed 30 persen dari standardnya , sudah cukup lumayan bukan jika modifikasi terarah? Akselerasi sudah pasti jauh-jauh lebih ringan dari standardnya. Dimana gigi 3 selalu terjadi RPM jatuh – drop – kini tidak ada lagi suara mesin ambles… Gasss Terussss…

Area kampas kopling – pir kopling? Standard! Tidak wajib ganti. Karena motor masih relatif baru 1 bulan, ngapain ganti. Justru kampas rem depan perlu diganti memakai punya Honda Supra fit, supaya pengereman lebih pakem. Bahaya juga kalau ngebut-ngebut tiba-tiba si komo lewat… macet dong :D Sip, bayaran diterima, kita doakan semoga mr.D makin banyak rejeki dan motornya membawa berkah!

Tetap Sehat – Tetap Semangat, Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari!

R.A.T MOTORSPORT

Raya Bypass Juanda No. 1

SIDOARJO

cp : 085645577007

specification of tuning :

- Cylinder head port & polished by R.A.T

- Back Cut Valve modification

- Piston Tiger 64 mm, custom piston, deep relief

- Cam lift 6.6 mm, 300 degree duration made by R.A.T

- Carb. Keihin PE 28 mm, Pj # 42, Mj # 120

- OEM muffler customized

- CDI BRT Shogun 125

About these ads
Komentar
  1. zubeir mengatakan:

    menarik buangettt mas ya tips and share nya.btw kenalin sy zubeir dr medan pengguna minerva vx,jelang lebaran semalam ni motor da ku bore up over size 100,pistonnya pake punya mega pro ovr size 100, truz karbu pke pe 28. mslhnya wktu dites emang tarikannya luar biasa,tp selang berapa jam mesin mati total g bs hdp,wkt dpriksa ternyat pakingnya bocor (msh pnya standard)g tahan.dignti ma mekanik lagi dgn paking yg bahnnya kayk seng gitu. lalu dites lgi,wktu ak bawa pulang kerumah, dlm perjalan saat gas ditarik terdengar suara dentuman2 dibawah tanki,rasanya cukup kuat macam mau meledak gitu,truz tiba2 mesin mati lagi g mo hidup,e……..wkt dpriksa dbgkl intake nya kebakar dan harus diganti pnya scorpio katanya.ok. aku layani aj yang pntig ni motor mantab sy pikir,nah selang 2 hari dalam pengetesan terjadi lagi mesin mati total trus akhirnya di cek, rupanya pakingnya bocor dan pistonnya jebol.wealah suruh ganti piston baru merk aspira oversize 100,paking di buatin ma tukang bubut pake aluminium.terahir waktu mudik ni motor ak bawa perjalanan lbih 450 km,tarikan lumayan,ngebut ma vixi g ragu,malah ma tigi lgi,top speed 140kpj.tp hari ini gw ragu dgn ni motor pa bs bertahan at g,jd mohon dri brother masukannya,kira2 dengan korek mesin seperti di atas pa bahaya,at sy hrs brbh jd standard lagi. satu lagi pertanyaan saya mas,kenapa minerva ni rpm mesin cepat banget naiknya tapi larinya msh 20kpj (gigi 1) apa solusinya. tankssssssssssss yo.wsslm

    • ratspeed mengatakan:

      mantap perjuangannya :D Gas tanpa batas…. :)
      gigi 1 nya memang terlalu ringan boss :) gpp, toh kita jarang make gigi 1 kalo ngebut hehehehhe

  2. farhan mengatakan:

    mas biaya semuanya berapa tuh ?
    kalo bengkel r.a.t di cirebon ada engga ya ?

  3. tanujaya winata mengatakan:

    mas…mau tanya jual knalpot racing / r9 buat minerva r 150 vx yg pnp ? kalau ada hrga berapa? terima kasih…

  4. Boby mengatakan:

    mas bro,,
    kira2 klo vx saya biar bisa lari kaya ninin 250 tp ttp irit bisa ga ?? kira2 butuh dana berapa ?? biar bisa ancang2 dari jauh2 hari,, soalnya td ane test pe28 ane di track 400 – 500m.. & 1km
    lawan sesama vx putih
    database vx ane :
    1. mesin full ori
    2. knalpot (buang pipa silincer belakang)
    3. rasio gear 15/39
    4. cdi ori
    5. karbu pe28 (pj std n*n*n 150R mj 120)
    pokoknya semua ori kecuai karbu pe28 ane yg ganti pj/mj

    database lawan :
    1. mesin ori
    2. knalpot custom yoshimura (300rban)
    3. rasio gear 15/39
    4. cdi ori
    5. spul sparco (270rban)
    5. karbu std (main pj/mj tp ga tau pake brp)
    6. Busi Iridium
    7. fairing depan di copot (jadi model street)

    hasil 400 – 500m :
    ujicoba 1-4 ane selalu menang walau start selalu kalah (maklum, ane ga bs startnya)

    hasil 1km : ane kalah… lumayan 1 body..dah gas pol tuh
    posisi ane di purwokerto jawa tengah terimakasih sebelumnya (kalo bs balas via e-mail ya mas)

  5. ali mengatakan:

    mas mimin r150vx kalo di tuning harian oke dan touring oke..total biaya berapa yah..??trims sebelumnya

  6. Mbah bejo mengatakan:

    cak, q pake pulsar200. biar bisa jalan bareng hatori 250 (ninin) kira2 bisa gak cak. Biar gak kna asep knalpote gitu lo cak. Ku tinggal di solo. Po sampean punya cabang / rujukan di solo biar pulsar ku gak kjauhan ke SBY.

  7. indra mengatakan:

    mas kalo minerva kohar stage 1 apa bedanya dgn stage 2 dstnya?stage 1 bisa lari brp kpj?

  8. sheva mengatakan:

    mau tanya ya kira kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk modif minerva kali ini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s