Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Motor

Posted: 1 Februari 2010 in MESIN DAN BALAP
Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Seringkali muncul pertanyaan, gimana sih mas cara mudah bikin motor lebih kenceng…? Pertanyaan sederhana, tapi jawabnya bingung mau mulai darimana, kalok dijawab diiket tampar trus dicantolin ke pesawat sih anak kecil juga tau jawabnya :) Jadi riset selama ini menunjukkan ada beberapa cara hemat, mudah, ringkas untuk dilakukan untuk memperbaiki kinerja mesin, bahkan meningkatkan tenaganya.

  • Menambah kapasitas mesin – Kapasitas mesin lebih besar berarti lebih bertenaga, bukan berarti kapasitas kecil ga bisa kencang, orang yang bore up gila2an aja kadang masih kalah dengan yang kapasitasnya lebih kecil :) Tapi mengesampingkan hal itu semua, untuk motor harian, meningkatkan kapasitas mesin lebih besar dari bawaan pabrik akan memperbaiki prestasi motor, karena kamu bisa memperoleh lebih banyak debit gas yang terbakar dalam setiap putaran mesin, masuk akal bukan… :) Caranya hanya ada dua : Melesakkan piston dengan diameter lebih besar, atau memanjangkan langkah ayun piston dengan menggeser big end lebih maju atau mengganti dengan pen stroker aftermarket yang umum dijual di pasaran.

  • Meningkatkan Rasio – Rasio Kompresi yang lebih tinggi pasti memproduksi tenaga lebih, sedikit atau banyak. Semakin kamu padatkan campuran udara/bahan bakar , semakin cepat campuran ini menyembur menjadi api secara spontan, namun tentunya harus diimbangi dengan oktan bahan bakar yang pas untuk mencegah pembakaran dini. Ini jawaban kenapa mesin motor balap road-race, atau drag yang diliput di tabloid-majalah umumnya memakai bahan bakar ber oktan tinggi – karena mesin mereka memakai rasio kompresi lebih tinggi untuk mendapatkan tenaga. Lantas caranya bagaimana, ada banyak cara. Mulai dari memapas kop atau cylinder head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang bakar hingga menyerupai bak mandi orang kaya (bathtub maksudnya) kalok yang belum tau bathtub… sama… hahahahah soalnya di rumah adanya emberrrr :D Atau bisa juga dengan menggabungkan berbagai metoda itu.

  • Mudahkan udara mengalir masuk – Ketika piston meluncur mundur atau turun pada langkah hisap, hambatan udara dapat merampok pundi-pundi tenaga dari mesin. Hambatan udara bisa dikurangi dengan modifikasi serius, karena kesalahan bisa berakibat fatal, melakukan modifikasi pada saluran pemasukan silinder atau seringkali disebut Porting, selain memperbesar volumenya, pun harus memperhatikan geometri porting agar lebih terarah dan aliran udara menjadi lembut. Teknik lain yang mampu mengurangi hambatan secara drastis adalah konfigurasi multi klep masuk atau menempatkan 2 klep masuk dalam sebuah silinder. Dan intake manifold yang halus layaknya manifold koso yang mahal tentu sangat bagus melancarkan aliran udara/bahan bakar yang ingin masuk ke porting. membuka filter udara adalah cara yang paling mudah :)
  • Bathtub Cylinder Head by. RAT

  • Lepaskan gas buang denga bebas keluar – Jika hambatan udara membuat gas keluar dari silinder, ini akan mengambil tenaga mesin. Sama seperti kita jika susah BAB, hahahha… :D sama gak sih?! :) Cara memperlancar gas buang gimana? Apa pasang knalpot free flow? Itu satu cara, urutan pelepasan gas buang tentu dari klep exhaust. Dengan memperbesar atau head yang memakai dua klep buang secara cepat akan mampu melepas gas sisa pembakaran dari dalam silinder. Memperbaiki porting buang, seperti kata pepatah Graham Bell ” Kalok gak seukuran 100 % diameter klep – maka belum racing namanya” hehehe… Yang halus lebih baik. Kalau perlu mengkilat seperti kaca. Kalau perlu, lho… :)  Jika pipa knalpot terlalu keciiilll… seperti bawaan pabrik, atau muffler memiliki banyak sekat akan membuat efek tendangan balik semakin besar. Knalpot performa tinggi memakai rangakaian pipa header yang lebih besar, dan pipa belakang yang semakin membesar, dan muffler free flow yang akan mengusir kotoran jauh-jauh dari dalam silinder. Penyakit kok dipelihara dalam perut… :D Jika kamu mendengar knalpot free-flow, maka tujuan memakai knalpot itu adalah meningkatkan tenaga mesinnya.
  • Muffler Racing

    • Buat semuanya ringan – Part yang lebih ringan membantu mesin bekerja lebih baik. Setiap piston berubah arah, pasti memerlukan energy untuk berhenti dan memulai ke arah yang lain. Piston yang lebih ringan mengurangi pemakaian energy ini. Mengurangi beban gesekan, mengurangi beban rotasi, semua hal ini apa yang disebut meningkatkan efisiensi mekanis.

  • Injection – Sistem kontrol campuran bahan bakar secara elektronis melalui injector akan memberikan keakuratan tingkat tinggi pada setiap derajat langkah piston dan kepastian debit yang dibutuhkan sesuai beban mesin. Oleh karenanya teknologi ini meningkatkan performa dan pemakaian bahan-bakar yang lebih ekonomis. Jadi, mengapa mengganti injeksi dengan karburator jika ingin meningkatkan tenaga motor? Cape deh…

Tetap Sehat – Tetap Semangat , Biar bisa modifikasi mesin tiap hari.

R.A.T MOTORSPORT INDONESIA

Raya Bypass Juanda No. 1
Sidoarjo

contact us @ 085645577007

email us ; dragswega201@yahoo.com



About these ads
Komentar
  1. Galih mengatakan:

    Gan ane Motor Revo Kalau Untuk mengganti CC lebih tinggi menggunakan apa saja gan?? Mohon bimbingan dan balas

  2. […] Cara Mudah Meningkatkan Performa Mesin Motor | R.A.T … […]

  3. hadi mengatakan:

    gan ane mo nanya ane ada motor c 70 rencananya mo ane pasang block cop karisma 125..
    pertanyaan ane apa aja yg perlu d rubah ..??

    mohon bimbingannya

  4. aan mengatakan:

    ,mas g’mn cara buat CDi cangkokan tpi efekk smpingx gkk bahaya ??

    trus kalo kas TDR d’pke bwt harian g’mN??

  5. adibaseng mengatakan:

    ada cara mudah tanpa biaya dan lumayan menjadikan motor tambah kenceng yakni arus pengapian harus sempurna percikannya sehingga tdk ada bahan bakar yg terbuang dan ini akan membuat piston lebih kenceng putarannya maka outomatis lari motor jd lebih cepat;
    1.ambil 1meter kabel tembaga klu tdk ada pakai kabel antena tv ambil kabel serabutnya jng dua2nya pilih salah satu saja.
    2.1m kabel kupas sepanjang 80cm saja 20cm biarkan(jng dikupas).
    3.buka body motor dan lepas koil dr baut.
    4.kemudian kupasan kabel di lilitkan ke kabel busi dng teratur dng jarak lilitan jng lebih dr 1senti.
    4.dililit mulai dr ujung kabel busi kearah koil batas jng mepet busi.
    5.lilitan ujung dan atas klu bisa rapat sampai 2cm.lilitan tengah renggang2 sj asal jng lebih 1cm kerengganya.
    6.lalu ujung kabelnya yg tak dikupas tadi pasang kebaut koil(ground koil)/baut koil bersama kabel kebody motor.
    7.Jng lupa bungkus kabel yg sdh dililitkan dng isolasi tebal bs juga menggunakan selang(untk keamanan)dan tdk kena air,jika kena air buka lepaskan tutup busi dan lap serta lilitan tadi lebih rapatkan lg agar air tdk masuk ke tutup
    Businya,okey.
    Nah sekarang tes motor nya…jng kebut2ya

    Peringatan ujung kabel jng mengenai busi bahaya(cukup lilitkan saja kebel busi).

  6. noe mengatakan:

    om gimanah sih cara ngilangin limit ,, nyah tiap guatarik gas suaranyah ngedrop tuh om,,, gimanah sih ,,,?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s