Rasio Kompresi dan Tenaga

Posted: 18 Februari 2009 in MESIN DAN BALAP

APA ITU RASIO KOMPRESI?

Para engineer atau tuner kerap memfokus diri dalam tuning mesin 4 tak menuju langsung pada cylinder head. Salah satunya adalah, ruang bakar, atau bahasa jawanya combustion chamber :)

So… apa kaitan ruang bakar dengan tenaga? Oh pasti ada… besaran ruang bakar ini nantinya akan sangat menentukan dalam tugas menampung emulsi udara-bahan bakar yang sudah dihisap oleh piston kemudian dipadatkan di kubah ini sebelum akhirnya diledakkan busi.

pernah dengar orang berkomentar tenaga mesinnya semakin padat…? Yup, bisa jadi karena memang combustion chamber dapat dimanfaatkan dengan optimal. Kubah ruang bakar  tentu memiliki volume sendiri, sedangkan kapasitas mesin merupakan volume pembanding. Seberapa banyak volume kapasitas mesin mampu dipadatkan di ruang bakar hingga seper-sekian bagian inilah yang disebut rasio kompresi.

Contoh sebuah mesin bebek dengan kapasitas mesin 100 cc, sedangkan volume ruang bakar adalah 10 cc dimasukkan dalam rumusan rasio kompresi adalah

(Kapasitas mesin / Volume ruang bakar ) + 1

= (100 / 10 ) + 1

= 10 + 1

= 11 : 1

Yahhh itu mah rumus sederhana aja, kalo mau rumus ribet coba cari di wikipedia, kompresi rasio dihitung pake rumus…

\mbox{CR} = \frac { \tfrac{\pi}{4} b^2 s + V_c } {V_c}, dimana
b = diameter piston
s = panjang stroke
Vc = volume ruang bakar + volume paking cylinder head.

Ini adalah rumusan minimum, kalau mau lebih detail sebenarnya volume pembanding tidak hanya ruang bakar, melainkan juga : Cylinder Head Combustion Chamber, Tebal Gasket, Deck Clearance, Ring Kompresi terhadap Piston, Dan Dome Piston. Huahahahaha… Ini nih kepusingan berawal :)
Mau dihitung satu-satu? Capee… deh, coba bayangin kita pakai piston Izumi high dome dengan coakan klep dalem, hitung berapa volume jenong pistonnya…? Mending ngisep rokok sambil ngopi daripada botak mikir itu hehehehe…

Saya bilang teknik menghitung seperti wikipedia yang ribetz ni ga selamanya efektif, bagaimana jika piston memiliki permukaan highdome, ada yang bisa menghitung volumenya, yah… walaupun bisa tapi kok ya menyusahkan diri sendiri seandainya piston seperti foto dibawah ini

Jaahhh… bikin males belajar matematika tu ya gara2 rumus ribet ini. Mending ketika blok dan cylinder head terpasang, posisikan piston pada TMA, lepas lubang busi kemudian suntikkan cairan untuk mengukur volume ruang bakar. Inilah rumus ruang bakar riil dibandingkan yang harus mengukur dan menghitung satu per satu.

Ngomong-ngomong dah pada bisa nge-hitung volume kapasitas mesin kan?

VOLUME MESIN = ( Phi * Bore * Bore * Stroke ) / 4,000

Phi adalah konstanta bernilai 3.1416
Bore adalah diameter lebar piston dalam satuan milimeter
Stroke adalah langkah piston bergerak dari TMA ke TMB dalam satuan milimeter
Volume mesin akan diperoleh dalam satuan centimeter cubic alias CC

Contoh, sebuah mesin dengan diameter piston 53.5mm, serta panjang langkah piston 54mm, akan memiliki Volume Silinder sebesar 121.4 CC

Nah setelah kapasitas mesin didapat, baru ukur volume kubah ruang bakar, finally diukur deh rasio kompresinya.

Mengejar Kompresi tinggi

Mengejar Rasio Kompresi tinggi

Ingat memang meningkatkan kompresi adalah sebuah cara paling efektif dan mudah untuk meningkatkan keluaran tenaga pada mesin naturally aspirated (non-Turbo). Namun, kita tentu saja tidak bisa langsung meningkatkan kompresi tanpa memikirkan batasan bahwa semakin tinggi nilai kompresi maka bahan bakar yang dibutuhkan mesin juga harus beroktan tinggi.
Jika kamu bisa memperoleh racing fuel, maka mainkan rasio kompresi hingga diatas 15 : 1, bahkan kamu bisa pakai rasio lebih tinggi jika memakai alcohol, ingat Drag NHRA yang mobil dragnya mirip formula, tuh semua pada pemabok heheheh.. kan mimik alkohol. Kumat ngelantur…
Papas noken as, timing dan durasi, airflow, volumetric efisiensi, aliran di porting, dan banyak kombinasi dari berbagai faktor berpengaruh besar terhadap kompresi dan sang maut yang mengancam nyawa mesin – DETONASI -

Detonasi

Dapat dipahami sebuah kondisi yang menyebabkan bahan bakar meledak – bukan terbakar dengan cepat – Parah! Biasa terjadi pada mesin dengan beban tinggi dan kecepatan tinggi, kerusakan detonasi bisa mengalahkan bearing-bearing seperti di kruk as yang jika sudah tidak balance bisa-bisa melintir tuh kruk as.
Kecepatan bahan bakar normal berada pada 23 – 56 meter tiap second. Semakin tinggi nilai oktan, semakin lambat kecepatan rambatnya. Sebuah percikan busi membutuhkan waktu 0.003 detik untuk melakukan sebuah pembakaran sempurna, jadi bisa menghitung kan berapa RPM batasan mesin biar gak Detonasi ^_^

Lalu bagaimana dengan rasio kompresi dinamis??? Sabar nggih tole…

Racing Automotive Tuning online

Garage @ : Desa Tropodo Indah Blok N no 26 – 28

Waru – Sidoarjo

Technical Support : 085645577007

About these ads
Komentar
  1. Jm.speed mengatakan:

    Ogt pnya htungan kmpresi yg beda..
    Begini boz?
    Htung dlu kpasitas cc nya..bru qta htung komresi nya.contoh:150+14/14=11,7:1
    itu rmuz simpel dri qta boz..apakah btul cra htungan qta sperti itu?mhon konpirmasi’a bos
    thaks.

  2. budi armay (081376607728) mengatakan:

    Gimana ya caranya suzuki smash sya bisa kencang end tenaganya bertambah,,,saya bingung mau pakai karburator apa dan cdi apa,,,dan apa perlu magnetnya di papas agar tenaga bisa bertambah,,,toooolong dibantu brother..

  3. budi armay mengatakan:

    Sya punya suzuki smash thun 04 pestonnya da pakai peston thander,,,per klep dua2 udah gua ganjal pakai ring per tipis ,,per klos uda gua ganjal pakai per klos 1 mm..apa ada lagi buat tambahan nya agar suzuki smash sy bisa kencang dan bertambah tenaganya…tlong lause di bantu..

  4. kenapa kox yang di bahas cuma mesin 4 tak? kan mesin 2 tak juga mash banyak di gunakan di indonesia,malaha lebih kuat ketimbang mesin 4 tak?? jawab ya……

  5. mpe rgallz mengatakan:

    saya pnya mtor smash,pahal klep udah bsar pake TDR,trus seher jg dh pake izumi,naek struk 3 mm,camp udah pke kawahara K 2, npa msih kurang y harus dgimanain lg th bos byar lbih tarik ?? o iy knpa bos klepnya sering longgar pdhal dh pke orisinil….mohon bantuannya bos dan informasinya d tunggu

    • ratspeed mengatakan:

      Kebanyakan pake barang ber-merk… kaya tante-tante kebanyakan perhiasan — norak mas — ga keliatan smart :)

      Kirim kemari aja cylinder head + blok nya kita bantu :)

  6. brandeaz azza mengatakan:

    yupez bro,,!!!!

    cma mau tnya,,!!!
    brpa duit’y kta hbis klau kyak gtu,,!!!
    and mtor tu udah bsa netak Fu blom’y..?

  7. dra_thea mengatakan:

    hebat bro info’y…
    ada info lain lagi ga??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s