RAT – Seperti manusia, motor juga butuh nutrisi kalau dia mau bertumbuh kembang. Kalau pengen jadi atlet, maka asupan gizi dan pola latihan harus terjaga. Demikian motor kamu, ada beberapa jurus sederhana yang bisa bikin motormu jadi kencang untuk daily use alias pemakaian setiap hari.Bukan spec full racing yang mana motormu harus tampil bugil seperti motor drag bike. Apapun besutanmu, ini dia jurusnya! Cekidot!
1st trik : BIGGER CARBURATOR!


PORTING BESAR TIDAK SELALU menghasilkan flow lebih besar, yang notabene potensi tenaganya tidak bertambah, justru bisa jadi menurun karena gas_speed nya drop. Apalagi untuk harian , pembesaran dianjurkan untuk tak lebih dari 1mm. Perhatikan pada arah aliran udara dan halangan yang menghambat udara masuk maupun keluar ke silinder.
Tujuan porting jalur masuk dan buang adalah agar mesin semakin efisien, aliran udara dari karburator masuk sempurna ke silinder sesuai bukaan gas, tidak ada yang tersembur balik ataupun tak tercampur sempurna pengkabutannya. So, meskipun udah bore up dan make karburator gede- menata porting bisa bikin mesin tetap irit karena efektif menghasilkan tenaga. Belajar ilmu porting ala orang amerika , simak ringkasan ini : Belajar porting dari flowbench.
4th trik KNALPOT
Keluarin dong sisa pembakaran di combustion chamber, jangan di depositokan untuk jadi kerak. Biarin ruang bakar jadi bersih, sehingga siap untuk menerima asupan gas segar baru ke dalam silinder. Nah ini tugas exhaust system a.k.a Knalpot! WRX adalah salah satu brand knalpot yang banyak dipercaya untuk melepas gas buang. Dengan risetan terbaru , terbukti awal 2016 ini pun dipercaya sebagai rekan suzuki untuk menciptakan knalpot racing Satria FU Fi terbaru.
Ya kecuali kamu masih suka knalpot dengan bahan galvanis, atau desain standar bobok bisa kunjungi pengrajin knalpot di daerah kamu untuk membuat knalpot sesuai yang kamu inginkan. Kalau mau belajar ukurannya bisa klik artikel ini : Rahasia Knalpot Racing! Intinya jangan sampe motor mu terserang ambeyen , karena makan banyak – tapi keluaran nahan. Larinya pun ngeden! hehehe..
Final TUNE ! THE CAMSHAFT alias NOKEN AS!
Orang bilang ini nyawanya mesin 4 tak! Dari jaman kakek lu, sampe cicit lu nanti. Gayanya ngomong lu gua 😀 Padahal Beta ini wong Solo aslinya Reek! hahaha…
Noken as adalah misteri yang sulit diungkap dengan kata-kata. Karena noken as performa tinggi haruslah dipahat sedemikian hingga untuk menggapai tenaga putaran atas yang maksimal. Namun untuk penggunaan harian, disarankan untuk tidak terlalu over antusias dengan memilih noken as extreme. Telp kami, dan pesan saja noken as paket hemat untuk spec korek harian klep standar di 081703535093! Dan kami buatkan untuk kamu yang special dengan harga special 30 hari kedepan.
Minat untuk pakai cam dengan desain roller , bisa jadi pilihan yang bagus karena beberapa keunggulannya, namun pastinya tidak murah… kenapa ? Baca ringkasan ini : Desain Noken as dengan pelatuk roller.
Ingat dilanjutkan belajar nya ya hehehe… Semoga menjadi ilmu yang manfaat bagi kita semua. Have some try!
TETAP SEHAT ! TETAP SEMANGAT! BIAR BISA JALIN PERSAUDARAAN TIAP HARI!
RAT MOTORSPORT INDONESIA
Alamat : Raya Bypass Juanda No. 17
SIDOARJO – JAWA TIMUR
call / wa : 081232809454
insta : ratmotorsby
Permisi mas.sy punya kaze mau diikutkan klas 500 mtr,tp aman utk harian.kira2 butuh biaya brapa ya mas? trims
Bos bisa buatan rasio fiz gigi 1 ukuran 14/37
Dikirim dari smartphone Sony Xperia™ saya
Sayangnya, keinginan untuk memiliki motor kencang korek harian saat ini mungkin akan terbentur sama regulasi kebisingan knalpot yang masih simpang siur, membuat Mr. Police seenaknya sendiri main tilang motor yang knalpotnya gak standar, asal dilihatnya tidak standar pabrik, langsung tilang bawa kekantor polisi. disitu kadang saya merasa sedih sangat sebagai WNI.
Om swega klo mau cari lift max noken as sesuai klep yg dipake ,itu brpa % dari diameter klep ?
Misalnya di fu yg pnya 4 klep ,
Buat blap brpa %
Buat kohar brpa %
Mhon bntuannya ..trmksih
kalau lift max menggunakan flowbench, atau riset aja dicoba, konsepnya makin tinggi makin bertenaga dan makin berbahaya