Alhamdulillah,

image

Sujud syukur kepada Allah masih bisa diberi rejeki untuk riset motor balap dan mengembangkan ilmu. Order pertama bebek 4t 200cc drag ini datang dari bos hellen cabe , Banyuwangi.  Mengandalkan pacuan berbasis yamaha crypton niatnya ingin menghemat di modal awal. Harapannya tentu adalah pengembangan di sisi otak pengapian, pasokan bahan bakar dan sistem pelepas gas buang dipilih yang terbaik.

image

Karburator pwk sudco 35mm airstriker buatan USA adalah tabel belanja teratas. Cdi programable terbaik pun dipilih, jatuh pada rextor type prodrag. koil dibelanjakan dari pabrikan mitsubitshi yang biasa dipakai kawasaki kx. Knalpot produksi WRX kita pilih sebagai pamungkas!

image

Karburator pwk ini jelas terasa mampu mensuplai mesin hingga gasingan 12500 rpm. Hasil dyno juga menunjukkan bahwa keluaran tenaga masih lebih gahar dibanding karburator type Pj.

Cdi rextor dipakai untuk membantu torsi di rpm bawah menengah dengan di seting lebih tinggi hingga 36 derajat. Akselerasi rpm di limit pada 12800 rpm demi keawetan mesin meskipun kompresi sudah dipatok rendah, dibawah 12:1 , bahan bakar pertamax masih bisa lho hehehe…  itulah kuncian mengapa mesin awet meski stang piston merk NPp hahaha…

Noken as durasi 66/36 tentu akan membuat motor lebih nafas di putaran tinggi. Hal ini tidak berjalan sendiri, tentu di dukung katup besar, in 33mm , ex 28mm. Sesuai untuk piston tiger merk Npp os 200. Porting dipatok 27mm untuk mengejar torsi. Pir klep america digunakan untuk mencegah floating meski ditekan lift 10mm.

image

Terus terang flow kepala silinder 2 katup pasti kalah 20% dari yg 4 katup. Jika crypton mampu menembus 30dk misal, fu bisa 36dk… haduuuuhhhh oleh karena itu mesin non-dohc perlu banyak asupan energi dari karburator besar, piston besar, geser langkah kruk as. Dan penyempurnanya di sistem gas buang yang handal.

Selain diameter leher yang besar , kualitas bahan serta geometri pipa header hingga silincer harus dikalkulasi matang dengan rumusan rumit dan riswt panjang. Untuk memperingan kerja, pemilihan knalpot salah satu yg membuat kita percaya diri akan komposisi mesin. Tidak khawatir knalpot terlalu los atau terlalu nahan.

image

Searching di internet , eh ketemu web wrx knalpot  , dilihat-
Lihat kok knalpot WRX modelnya ciamik dan harga pun terjangkau. Buatan Indonesia pula! Disamping itu, Riset WRX di motor suzuki satria fu sudah mampu membekukan timer 7.6 dengan mudah. Yaaa berarti kalau dipasang di mesin non dohc bisa mendekati lah. Itu kalau mekanik nya handal, lha kalau mekanik katrok dan ndeso kaya kita gini ya target timer minim 8.0 lah untuk motor yang pertama kali ikut hehehe…

Gigi rasio 1. 14/35 ¡ 2. 16/28 ¡ 3. 21/28 ¡ 4. 20/22 dicoba dipacu di lintasan 201m drag situbondo, sayangnya sona yanmar masih hanya bisa menempuh 8,1 detik.. keluhannya karburator terlalu basah dan kampas kopling selip. Hadeeewwww… padahal di rumah udah di seting bisa 7.9 pake timer hp. tapi apapun hasilnya disyukuri dahulu. Untuk patokan riset kedepan setidaknya kita tahu pr motornya, riset coba piston 66, langkah 58, dan racikan rasio yang baru…

image

Dan do’a atas karya kita hari ini adalah ““Ya Allah, aku mohon kebaikan dunia akhirat, Ya Allah, aku mohon ampun dan kebaikan dalam agama, dunia, keluarga,dan hartaku. Ya Allah, tutuplah aibku dan berilah aku rasa aman semua ketakutan.”(HR. Ahmad)  Semoga bos hellen cabe banyuwangi diberi banyak rejeki oleh Allah, supaya bisa terus riset bersama :)

TETAP SEHAT !! TETAP SEMANGAT !! BIAR BISA MODIFIKASI SETIAP HARI!

RAT MOTORSPORT INDONESIA
RAYA BYPASS JUANDA NO 17
WARU-SIDOARJO
085645577007

BBM PIN : 767BB8C2 / 2824fef0

About these ads
Komentar
  1. bima mengatakan:

    sangat lengkap informasinya bagi kebutuhan saya, terimakasih bro……

  2. Revan radyttia arif mengatakan:

    Motor saya udh pke piston strok naik 7mm kz noken as d.papas kopling fr. Cdi BRT. Payung klep sonick karbu pe 28. Tpi baru bza brsanding sma kwasaki ninja 4t. Apa.y y yg kurang.?

  3. charlie respect mengatakan:

    Kalau boleh tau semua habis dana berapa bos…???

  4. zent kederr mengatakan:

    Gan saya pnya vega zr udh pke piston 67 klep 34-29 + stroke d tmbah 6 mm tpi bru bisa ngedempet satria fu 250 cc .. krang ap y gAn msih kurang puas ni…

  5. Speed Driver mengatakan:

    alhamdulillah….

  6. microflash adin mengatakan:

    kalau buat pahe pakai vega habis brapa bro

  7. Yoshi mengatakan:

    mantab sharing ilmunya bro
    thanks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s