KOHAR HONDA TIGER 2000 Upgrade 2011 ^_^

Posted: 28 Maret 2011 in MESIN DAN BALAP
Tag:, , , , , , , , , , , ,

Assalamuallaikum warrahmatullah :)

Puji syukur untuk Allah Swt yang maha pemurah lagi maha pemberi rizky, atas rahmat dan ridhaNya lah RAT terus dipercaya mengembangkan modifikasi mesin. Dari tulisan demi tulisan, berdatanganlah pelanggan-pelanggan yang ingin dimodifikasi mesinnya di bengkel sederhana RAT MOTORSPORT SIDOARJO baik itu untuk keperluan balap maupun korek harian (Kohar). Jumlah pelanggan maupun kiriman paket mesin yang berdatangan terus bertambah, semenjak awal kita membuka bengkel di garasi rumah di Tropodo, dan sekarang mencoba berjuang di pinggir jalan Bypass Juanda.

Kalau buka pinggir jalan lumayan Pasien yang antri :)

Ada 2 tipikal saudara yang datang , yang ingin meniru spec yang ditulis dan yang ingin mengembangkannya / membuat sesuatu belum pernah kita kreasikan sebelumnya. Biasanya sumber inspirasi tulisan kita adalah orang-orang yang mampu memberikan tantangan bagi kita untuk naik ke level lebih tinggi. Jiwa yang mengerti arti sebuah mesin performa tinggi. Sebagaimana telinga mendengar rock n roll adalah sebuah nada yang merdu.

garasi baru di bypass juanda

Dan kali ini yang datang ke garasi kita adalah seorang imam, seorang Romo… wow, betapa modifikasi mesin tidak mengenal suku – ras – dan agama. Kita semua satu hati, satu jiwa… Dan RAT MOTORSPORT adalah rumah bagi semua , dan semua adalah satu keluarga besar. Mengendarai motor Honda Tiger2000 ke bypass juanda, minta tolong untuk di set touring jarak jauh, seringkali beliau keluar kota – bahkan hingga ke bali, dengan konsep sederhana namun kencang. Wuah, iki baru orderan ciamik… Pokoknya sleeper, alias tampak luar standard, tapi… daleman… terserah saya, bukan anda, hehehe… kalau terserah anda, ya kerjain aja sendiri hihihihi…

Sejak dikeluarkan pertama kali tahun 1995, saya sudah ngiler dengan tampilan honda tiger! saat kakak saya memiliki motor ini, saya sudah kagum, motor kok gede, apa kapasitas mesinnya 2000 cc kok ada tulisan Tiger 2000?!? Ada dobel stater nya lagi (biasa waktu kecilan bahasanya katrok) mantep kayanya, pencet mesin langsung nyala. Sementara berkaca pada diri sendiri yang masih memakai honda prima rasanya pingin nangis :) Cewe kakak saya kok cantik, lha saya kok njomblo terus… akhirnya saya upgrade deh tu mesin prima. Lha kok mblandang cerita honda prima hehehehehhehe

Salah satu kelebihan motor tiger adalah, bekal mesinnya yang cukup besar  untuk dipakai berkendara jarak jauh. Mesinnya relatif simple dan mudah dipahami, belum lagi banyak mekanik yang bisa meng-handle tiger jika di jalan terjadi masalah dan butuh bantuan. Bayangin aja tahun 1995 – 2010, 15 tahun men… Ga ada perubahan yang berarti dalam mesinnya, gimana mekanik-mekanik senior gak jenuh. Kita aja yang junior jenuh liat mesin standard, udah ga up to date :) Kalau facebook , tweeter, bbm aja bisa update status tiap menit, ini 15 tahun baru update… KELAMAAN! BOOOK!! Hehehe..

Piston Honda TIger oversize 225 custom by RAT MANTAP

Konsep inovasi kita adalah peningkatan dapur pacu, spek tiger 2011 kita desain mengusung mesin 211 cc! Bawaan pabrik honda, mesin Honda Tiger dibekali diameter piston 63,5mm, dengan panjang langkah 62,2mm, setelah dihitung dengan software calculator ketemu kapasitas mesinnya 196,9 CC. Karena sekaran tahun dua ribu sebelas, kita ikut latah ingin menjadikan tiger2011 bukan lagi tiger 2000, heheh.. itu artinya kapasitas mesin digembungkan menjadi 211 CC, :) Jadi, piston ukuran berapa yang harus dipakai?

Gampang saja, masukkan dalam rumus, v = ( 3,1416 x D^2 x S ) / 4000

v sudah diketahui , 211 , sedangkan stroke adalah 62,2 .

yang ditanyakan adalah diameter piston , atau D.

maka, masukan ke kalkulus sederhana ,

D = akar kuadrat ( (v x 4000) / 3,1416S )

ketemulah D = 65,72 … ya perkiraan selisih 2,25 milimeter dari standard, maka kita butuh piston oversize 225. Nah, gampang kan, berarti tinggal belanja ke pusat spare part, kita cari sesuai kebutuhan, bukan karena asal-asalan :)

Klep Honda TIger custom By RAT MANTAP

Dengan piston yang baru sebesar 65,75mm, bisa ketemu kapasitas silinder 211,18CC. Dari awal penambahan volume dalam silinder sebanyak 14 cc, Kompresi yang asalnya 9,0 : 1, meningkat jadi  9,61 : 1. Ajiibb!!! Ini baru awalnya, bila ditambah trik Murmerceng, mencopot paking blok setebal 0,5 milimeter, kita dapat mereduksi volume ruang bakar sebanyak 1,6cc , volume v2 yang mengecil artinya rasio kompresi bisa ditingkatkan menjadi 10,2 : 1. Instan! Murah, tanpa bubut. Murmerceng adalah tentang trik, bukan hanya pemakaian perangkat yang murah, namun sebuah metode :)

Dari sini kita tentukan diameter lubang hisap yang baru untuk puncak tenaga di 8,500 RPM. Caranya adalah mengukur dulu gas speed lubang porting standard pada rpm 8,500 dengan diameter piston standard. Kemudian kita konversi ulang jika piston sudah dibesarkan. Tinggal hitung dalam 5 menit, maka dapat ditentukanlah ukuran lubang diameter porting inlet + outlet nya secara presisi. Tinggal menghajar dengan bor tuner dengan telaten dan sabar.

Big Bowl Area Porting

Ingat hambatan terbesar porting berada pada area di sekitaran bushing klep, bowl area, pada klep, dan dinding kiri kanan yang menghalangi udara keluar saat klep terangkat. Maka fokus kita adalah memperbesar diameter dalam seating valve menjadi 94 % dari diameter klep in, dan 92.7 % pada diameter seating valve exhaust relatif terhadap klep buang. Mengubah klep menjadi full customize, dengan permukaan tapak yang melekat pada seat tidak lebih dari 1 milimeter, mengikis dinding punggung klep untuk meningkatkan airflow tanpa perlu menyakiti noken as yang harus dipapas terlalu banyak.

Murmerceng adalah menyulap noken as standard menjadi RACING

Lifter camshaft dipatok di kisaran 7.5 milimeter, extra mantap untuk harian kencang, selain tetap awet. Dan noken as yang kita gunakan dari material yang lebih baik dari standard, karena seringkali noken as honda tiger genuine justru lebih cepat aus ketika di papas, lagipula profil cam nya kurang ajib setelah jadi derajat buka-tutup yang dimau. Noken as merk Denshin dianggap lebih mumpuni, dengan lift standard lebih tinggi, maka pemapasan tidak terlampau banyak sudah mampu mengejar target angkatan noken as yang diinginkan. Durasi 0,15 mm tetap menirukan standard bawaan pabrik, hanya durasi 1mm keatas yang kita rubah.

Wawan dan Abbey :: Berkolaborasi :: Porting head dan Grinding kem

Konsep benar, tinggal pilih, kalau ingin torsi dan tenaga ekstra besar diputaran bawah menengah kita bisa andalkan karburator standard di reamer. Atau bila ingin memperkuat putaran tengah ke atas bisa mengandalkan karburator pe 28 milimeter. Penggantian karburator ini lebih kepada penggeseran puncak torsi dan tenaga, untuk penambahan tenaga dari airflow mungkin hanya berkisar 1-2 HP. Apa yang menjadi andalah pelecut tenaga?

Jika kamu tidak masalah dengan suara knalpot yang meraung saat di gas penuh, Knalpot FreeFlow adalah jawaban tenaga instan membuka semua potensi mesin hingga mampu mengail 5 HP dengan mudah! Namun jika masih ingin merasakan suara yang bersahabat, cukup mengganti dan menata ulang konfigurasi leher pipa knalpot. Leher berdiameter dalam 29 milimeter dan dikembangkan ke 33 milimeter adalah jawaban yang tepat, disambung dengan muffler Honda Tiger Revo yang ditata ulang silincer nya, penambahan ekstra 3 HP masih mudah didapatkan.

Noken as Hi-Performance TIGER by RAT

Siap menerima order mesin balap / motor balap

Optimasi dengan cdi BRT, coil Yz125, busi Denso Iridium adalah keperluan tersier, jika dapat dibeli maka belilah, :) Istilahnya itu yang bikin menu makanan 4  sehat , menjadi 5 Sempurna. Hasil jerih payah modifikasi kita, gigi 6 yang mampu meraih hingga RED LIMITER , adalah bagaikan sebuah doa yang dikabulkan … Terimakasih tuhan, berharap modifikasi mesin bisa menyatukan kita semua, dalam satu langit kursi-Mu yang agung.

Tetap Sehat – Tetap Semangat, Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari!

.: R.A.T Motorsport Indonesia :.

-= Raya ByPass Juanda no. 1 =-

Sidoarjo , Jawa – Timur , Indonesia

0856.455.77.007

dragswega201@yahoo.com

About these ads
Komentar
  1. ida mengatakan:

    jadi dri keseluruhan habis dana berapa?

  2. Abu Ammar mengatakan:

    Untuk praktisnya, saya sarankan cukup hapalkan rumus ini saja :

    0,785 x bore x bore x stroke

    Misal Satria FU di brosur tertulis speknya Bore 62mm, Stroke 48,8mm.
    Cukup pake kalkulator hp bisa dihitung kapasitas mesinnya: 0,785 x 62 x 62 x 48,8 = 147255,952.
    Ambil saja 3 angka terdepan. Jadi 147cc.

  3. febri kincay mengatakan:

    gua punya tiger revo.cdi brt.untuk ukuran piston sama mapas noken as pake berapa,trus pake klep apa yag lebih gede yang pas di motor saya

  4. septhian mengatakan:

    wahh…mantep nih..kapan2 mampir ya..

  5. rifai mengatakan:

    ane pnya tiger revo, uda pke CDI BRT,denso iridium + per kopling + kampas kopling racing, klo seker uda beli pnyane gl standart, lha, nokene harus digimanain???

  6. Agus mengatakan:

    Oh ya, gara2 belum terbiasa dgn tarikannya yg lebih ringan…sempat tabrak ringan SPX 125.. Untung orngnya mafhum, karena memang ngerem mendadak..

  7. Agus mengatakan:

    Dah ganti noken as RAT punya, beberapa setting dah dilakukan. Sesuai saran mas Abi, CDI dah ganti standard. RPM bawah dah bertenaga dan ringan…tapi di RPM 6000 koq suka loyo ya,mas..?

  8. cbmotor mengatakan:

    bos ane punya cb dengan spec tiger standard, gir box 5 speed max neotech…dengan modif noken as udah cukup kencang g bos…please pencerahannya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s