Crankshaft n Piston Motion

TORSI DAN TENAGA
Torsi adalah gaya tekan putar pada bagian yang berotasi. Sepeda motor digerakkan oleh torsi yang dihasilkan kruk as. Torsi dapat dihitung melalui rumus

T = Gaya x Jarak

PAPA lagi nge-DYno… :)

Jika gaya F (kg) dikerjakan untuk memutar benda sepanjang R (m) , untuk mengencangkan baut missal, maka torsi yang digunakan adalah F.R (Kg m), sebagaimana perubahan torsi dari reduksi primer antara gigi primary kruk as dengan gigi sekunder house kopling, tersalurkan ke gigi primer transmisi pada gigi sekunder transmisi, kemudian tersambung pada gigi primer final gir diteruskan melalui rantai pada gigi sekunder final gir hingga mampu memutra roda belakang.
Jika sebuah torsi F bekerja pada roda gigi A dengan radius r, berhubungan dengan roda gigi B dengan radius 2r, torsi pada roda gigi  B semakin besar meski kecepatan putar berkurang menjadi separuhnya.

Didalam mesin!!!

Panjang langkah piston adalah dua kali jarak pusat crankshaft ke big end (crank pin), Ledakan menghasilkan gaya tekan piston untuk mendorong piston kebawah hingga kemudian memutar kruk as. Oleh karenanya Torsi pada mesin akan berubah sesuai dengan besarnya gaya yang dihasilkan (F) selama jarak tetap. Besaran gaya F akan berubah sesuai kecepatan mesin, ini berarti dipengaruhi oleh efisiensi pembakaran, hal ini turut merubah besaran Torsi.

Torsi Meter Digital

Kenyataannya kinerja mesin pun memiliki titik jenuh, pada kecepatan spesifik, torsi memuncak (Torsi Maximum). Tapi kenanikan kecepatan mesin selanjutnya tidak akan menaikkan torsi.
Ketika motor bekerja pada putaran Torsi maksimum maka gaya gerak roda belakang juga berputar maksimum.

Bagaimana memperbesar Torsi, ada dua cara : memperbesar ledakan yang dihasilkan mesin hingga mampu mendorong piston lebih cepat, atau memperpanjang langkah piston.

TENAGA

Kinerja rata-rata diukur berdasarkan waktu. Torsi kruk as menggerakkan sepeda motor, tapi ini hanya gaya untuk menggerakan sedang kecepatan sepeda motor tidak diperhitungkan. Tenaga adalah kerja yang dapat menimbulkan kecepatan.

Tenaga = Kerja / Waktu. Kg,m /sec

Satuan tenaga dinyatakan dalam PS (Pferd Starke –JERMAN) atau 75 kg.m / sec , artinya tenaga ini mampu menggerakkan objeck dengan massa seberat 75 kg sejauh 1 meter dalam satu second, makin besar kemampuan mesin menggerakkan benda dalam satuan waktu, maka dapat diartikan semakin besar tenaga yang dihasilkan. Semakin berat total kendaraan dan pengendara, maka membutuhkan tenaga lebih besar pula untuk mencapai kecepatan yang sama.

Pembangkit torsi besar

Tenaga pada crankshaft dapat diukur dengan rumusan,
Q = 0,0014 NT

Dimana  N, adalah putaran mesin, dan T adalah Torsi.  Tenaga yang dihasilkan mesin akan berubah-ubah tergantung dari torsi yang dihasilkan menurut kecepatan mesin, makin tinggi kecepatan mesin, makin besar tenaga. Oleh karena itu pada kecepatan tertentu, torsi mulai menurun.

Ketika tenaga mencapai Maksimum, ini dinamakan “ Tenaga Maksimum “ dan pada suatu titik akan mencapai puncak titik kelelahan hingga akhirnya putaran mesin tidak lagi mampu menaikkan tenaga.

Tetap Sehat – Tetap Semangat Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari

RAT MOTORS company

Raya Bypass Juanda No. 1

SIDOARJO

085645577007

mail us : dragswega201@yahoo.com

 

About these ads
Komentar
  1. ory mengatakan:

    trims ini sangat membantu saya…………………

  2. rama mengatakan:

    bos minta tolong bantuanya ya,,,
    mtr ane vega r lama, di bore up cbr os.50 (ga masalah)
    distroke up jd 58,pake kruk as vega zr,yg jadi masalah rasio primer mepet bgt sama kruk as vega zr yg bentuknya bulat penuh.
    cara yg bagusnya gmana ya?
    bubut kruk as?apa ganti rasio primer sama yg lebih kecil ukuranya??

    cara ngakalin yg lebih menambah peforma yg mana?
    makasih

  3. purnomo mengatakan:

    setiap x saya browsing tentang noken as, selalu saja masuk ke blog RAT_MOTORSPORT, Sidoarjo, apa ini namanya jodoh tentang ilmu yang saya cari, perkenalkan nama saya Onky, Mahasiswa D3 Otomotif ITI, serpong tanggerang angkatan 2007, saya sedang melakukan Tugas Akhir, agar dapat menyelesaikan kuliah saya.
    bahan rencana tugas akhir saya adalah manfaat meningkatkan durasi cam shaft pada kendaraan ekonomis. boleh gak mas swega dan mas wawan membantu saya, untuk membuatkan durasi cam pada yamaha vega r 2003, dengan catatan pada saat melakukan pemapasan di foto lebih detail, berapa ongkos jasanya mas. terima kasih

    • ratspeed mengatakan:

      Bisa, silahkan sms / kontak langsung ke 0856-455-77-007, kita sudah pernah membantu riset tugas akhir milik mahasiswa ITS – Surabaya pula.

  4. Satria155 mengatakan:

    Mas swega yth, terkait torsi&tenaga dan aplikasinya dgn modifikasi mesin, saya minta izin nimbrung nanya ya..maklum dulu sma jurusannya IPS, gak masuk IPA karena nilai fisika-nya jeblok..hehe..
    Saya sering dengar dari beberapa perbincangan bahwa peningkatan tenaga (hp) tdk selalu meningkatkan torsi, sedangkan peningkatan torsi pasti meningkatkan hp, jadi kalo bore up tidak akan meningkatkan torsi selama langkahnya tetap, sedangkan stroke up pasti akan ikut mendongkrak torsi dan tenaga. Menurut mas swega, apakah statement ini salah atau benar? Karena penafsiran saya dari artikel rat; bore up = ledakan lebih besar = torsi juga naik.

    • ratspeed mengatakan:

      Hahahhahahaha…. wkwkwkkw… ikut juga :D

      Salah besar.
      Apa peningkatan torsi selalu berhubungan dengan stroke saja? bagaimana dengan crank web? bagaimana dengan titik mati kruk as? bagaimana torsi rotor magnit. bagaimana balancer mempengaruhi torsi dan tenaga. bahkan bagaimana sebuah desain head, porting dan noken as mempengaruhi torsi dan tenaga….

      Dimanapun di dunia ini motor bore up selalu menang dibanding motor stroke up, kalaupun kalah berarti yang bawa keliru, atau yang nyeting kurang telaten. :D Langkah piston bertambah = gaya gesekan piston ke dinding liner bertambah. Langkah piston bertambah = derajat pembacaan noken as tidak lagi sesuai standard. Langkah piston bertambah = Frame Piston Speed meningkat artinya semakin tidak kuat di geber di putaran tinggi.

      udah ah, kebanyakan teori.. lanjut nonton sinetron dulu, biar pinter.. :D

  5. Oasis mengatakan:

    thanks atas informasinya
    saya senanng sekali karena adanay ratmotor sekarang saya udah berani servis sendiri motor saya
    klo blh saya minta artikel tentang rumus rumus klo merubah engine motor
    terimaksih bayak

  6. rovisezy mengatakan:

    He he..Smua artikel bos rat udah tak print smua..(skalian mohon ijin )tak jadiin arsip boz..Coz sngt berguna bngt ,gk asal2an smua pake dasar..
    Keep brojolin artikel bagi2 ilmu boz..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s