Karburator dan Tenaga

Posted: 13 Juli 2010 in Fungsi dan Cara Kerja
Tag:, , , , , , , , , , , ,

http://www.ratmotorsidoarjo.co.cc

Bagaimana cara menyetel karburator untuk menghasilkan tenaga maksimum…?

mekanisme karburator

mekanisme karburator

Adalah sebuah perangkat dengan mekanisme berfungsi mencampur udara dengan bahan-bakar sesuai penyetelan untuk menemukan perbandingan menurut kebutuhan mesin. Nantinya aliran embun ini dialirkan melalui porting menuju ruang pembakaran dan ditekan  oleh gerakan piston ke Titik Mati Atas hingga suhu meningkat pada kondisi mudah terbakar. Fungsi sederhananya hanya sebagai penyemprot, layaknya penyemprot nyamuk di rumah yang kita miliki. Semakin halus uap nya, semakin homogen dan kuat hasil pembakarannya.

Fungsi utama karburator :

  • Menyemprotkan bahan-bakar pada campuran sempurna dengan udara.
  • Kontrol perbandingan campuran, hingga memiliki kekuatan dan padatan sempurna dipengaruhi pula arsitektur dan kinerja mesin
  • Kontrol Tenaga , pada campuran yang tepat torsi pada tiap RPM dapat meningkat, begitu pula sebaliknya.

Buku seting karburator

Prinsip kerja karburator secara sederhana, jika udara dihembuskan melalui pipa sempit, kecepatan udara semakin meninggi, sehingga tekanan udara di sekelilingnya menjadi lebih rendah, menimbulkan daya hisap untuk menarik bahan-bakar di kantung karburator untuk mengalir ke atas. Pada area venturi selalu lebih kecil di bandingkan moncong karburator, ini bertujuan mempertinggi kecepatan aliran dan tekanan di area sekitar venturi.

Untuk menyalakan bahan-bakar , diperlukan unsur Oxygen. Bahkan bensin pun tidak dapat terbakar pada ruang tanpa oksigen. Dengan adanya oksigen maka bahan-bakar dapat dikabutkan dan menimbulkan panas yang dibantu oleh kompresi. Bensin terbakar dengan cepat, karenanya di dalam silinder yang terjadi adalah Ledakan. Untuk menghasilkan ledakan sempurna bensin harus dicampur dengan oksigen dalam komposisi tertentu.

kinerja jet pilot hingga main pada bukaan gas

PERBANDINGAN CAMPURAN DAN TENAGA

Air to fuel Ratio (atau perbandingan udara dan bahan-bakar) adalah perbandingan antara berat jenis udara dengan bahan-bakar. Agar terbakar dengan cepat 1 gram bahan-bakar harus dikabutkan dengan 15 gram udara.

Jika salah satu unsur terlalu dominan, bensin tidak akan terbakar dengan cepat. Tingkatan perbandingan yang mudah terbakar disebut ‘combastible limit’, terlalu banyak udara, mesin irit bahan bakar namun tenaga akan menurun karena sulit terbakar, mesin menjadi terlalu panas. Dibawah 10 : 1, konsumsi bahan-bakar terlalu berlebihan namun tenaga justru tidak optimal. Campuran stoikiometris berada bada 14 : 1, sedangkan untuk perbandingan yang hemat bahan – bakar pada 15 : 1, untuk menghasilkan tenaga maksimal berada di kisaran 12 : 1.

Stoichiometric mixture : Jika bensin dibakar seluruhnya, bensin berubah menjadi Carbon dioxide, dan unsur air H2O. Perbandingan ini berada di kisaran 14,7  : 1

Black Series Karburator

Perbandingan campuran tenaga :  Dalam berbagai experiment dan buku dihasilkan kesimpulan untuk menghasilkan kinerja maksimal mesin, bahan bakar harus dicampur dengan perbandingan 12 – 13 : 1.

Tetapi dalam kinerja mesin yang sempurna, perbandingan efektif berbeda tergantung penggunaan kondisi mesin.

Tetap Sehat – Tetap Semangat! Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari

Rat Motorsport… your’s tuning buddy!

Raya Bypass Juanda No 1 — Sidoarjo

[085645577007]

mail us : dragswega201@yahoo.com

About these ads
Komentar
  1. reyhan mengatakan:

    kerok harian ntuk shogun sp

  2. carmoto mengatakan:

    mas saya punya honda tiger 1997 karbu nya tak ganti ninja RR 2010 spuyernya yang cocok berapa ya ukurannya??

  3. bagoes mengatakan:

    –salam brotherhood–
    mau tanya ni.motor saya cs1 standar cuman saya ganti pake karbu king trus ukuran pilot jet dan main jet yg cocok berapa ya??
    mohon bantuannya
    trimakasih

  4. adkk mengatakan:

    mas rat…saya punya smash udah pake sher OS 100 Thunder,sekarang pake karbu pe28…kira2 pj ama mj yg cocok pake ukuran brapa..?

    mohon pencereahnya y mas r.a.t

    thanx

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s