Mengerjakan Kepala Silinder / Cylinder Head / Dexel

Posted: 19 Agustus 2009 in Fungsi dan Cara Kerja, RAT PROMOTION
Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Ketika tiba saatnya untuk mengeluarkan tenaga maksimal dari mesin non-turbo (naturally aspirated) fokus utama kita tempatkan pada kepala silinder sebagai kunci utama. Ini adalah area dengan potensi yang memberimu peningkatan tenaga paling hebat.

Kenapa?

Well… dalam berbagai buku membangung mesin performa tinggi, rahasia untuk meningkatkan tenaga kuda pada mesin ialah dengan melesakkan lebih banyak udara dan mampu untuk mengeluarkan sisa pembakaran hingga bersih. Di lain kata, memodifikasi mesin agar memompa lebih banyak udara dengan meningkatkan aliran udara melalui kombinasi porting hisap dan buang dengan penuh perhitungan.

Head Racing Yamaha Jupiter MX :: RAT MOTORS ::

Head Racing Yamaha Jupiter MX :: RAT MOTORS ::

Dalam mesin motor, ada 3 area yang mempengaruhi air-flow. Lokasi ini harus potensial untuk dilakukan perubahan modifikasi.

1. System Intake (pemasukan) : termasuk filter udara, venturi karburator, manifold dan geometri porting.

2. System Exhaust (Pembuangan) : Porting buang, leher pipa knalpot, catalist konverter dan desain muffler

3. Kepala silinder : bentuk ruang bakar, dimensi klep, etc

Kali ini kita akan mendiskusikan cylinder head porting, meningkatkan aliran gas cara mekanik kuno! Kita juga akan mendiskusikan performa ignition timing pada CDI, noken as racing, timing yang sakti pada noken as, klep, dan area overlaping. Apa itu overlap? Ini penting untuk mendesain sebuah mesin balap.

rat-0042

Modifikasi porting kepala silinder adalah sebuah keahlian seni dan teknik yang bukan untuk pemula, harus dikembangkan dalam berjam-jam latihan. Jika kamu ingin berlatih tentang cylinder head porting, maka jangan langsung praktek kepada kepala silinder, beli beberapa intake manifold untuk berlatih. Kemudian jika sudah merasa bisa, pilihlah cylinder head yang masih mampu kamu beli jika nantinya rusak atau hasil yang didapat tidak memuaskan, jangan langsung main porting kepala silinder Kawasaki Ninja 250 R hehehe..

Pertama kali hal yang harus kamu tahu adalah, porting sebagaimana kami dulu, selalu berawal dari percobaan dan kegagalan, oleh karena itu kami disini berbagi agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Atau jika tidak ingin ada keraguan dalam hasil porting cylinder head, silahkan order pada kami, dan kami siap membantu dengan senang hati. Kamu bisa saja menggunakan sembarang bor listrik, tapi ingat, dalam melakukan head porting kecepatan momen puntir bor harus sangat-sangat cepat hingga 20.000 RPM lebih. Bisa juga kamu memakai bor beton yang biasa dipakai kuli bangunan, namun hasil yang didapat tentu tidak akan sama dengan porting dengan Profesional Tools.

Di datangkan langsung dari MEXICO

Di datangkan langsung dari MEXICO

Bor Tuner Pesanan Bengkel Mitra Jaya BONE

Bor Tuner Pesanan Bengkel Mitra Jaya BONE

Benar! Jika kamu sudah membaca semua itu, maka tidak ada salahnya berinvestasi pada alat tuning satu ini, selain untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk porting kepala silinder, juga memberi kepuasan tersendiri bagi pelanggan yang telah mempercayakan pengerjaan tuning head pada bengkel kita.
SENJATA PORTING TERBARU R.A.T ( 30.000 RPM :: FULL DIGITAL )

SENJATA PORTING TERBARU R.A.T ( 30.000 RPM :: FULL DIGITAL )

NOKEN AS ( KEM RACING )

Dua hal penting dari sebuah kem adalah durasi dan lift. Kedua parameter ini ditentukan dari cam lobe ( gunungan noken as). Durasi Noken as adalah waktu dimana klep mulai membuka di dalam silinder hingga ia menutup diukur dengan derajat kruk as. Lift adalah takaran seberapa tinggi klep ditonjok oleh gunung noken as hingga terangkat. Biasanya performa mesin akan meningkat apabila tinggi angkatan klep melebihi  26 % dari diameter klep. Sesungguhnya valve lift menghasilkan luasan area udara yang mampu dilepaskan porting ke dalam silinder. Bahkan ada yang memaksa hingga 30 % dari diameter klep dengan akselerasi cam yang cepat, tentu saja untuk menghasilkan tenaga kuda yang beringas sesuai dengan kemampuan mesin.

menentukan lift cam dengan presisi ( DIAL INDICATOR )

menentukan lift cam dengan presisi ( DIAL INDICATOR )

Catatan penting dari spesifikasi klep lainnya adalah : Gap (jarak) antar klep masuk dan klep buang, jarak bebas klep dengan piston dan tekanan kompresi. Hal inilah yang mempengaruhi durasi noken as. Valve lift hanya dibatasi oleh kemampuan pir klep untuk menahan tekanan dan membalikkan klep dengan cepat. Oleh karena itu pir klep keras dapat menambah RPM limit pada mesin.

CAM DURATION

Durasi kem diukur dalam bahasa internasional : derajat kruk as. Dan sebuah noken as performa dimulai dari durasi 270 derajat hingga 310 derajat. Durasi dibawah itu adalah untuk standard pabrikan ( motor harian ). Durasi lebih besar darai 310 derajat seringakali hanya akan membawa masalah dan membuat mekanik jatuh sakit mencari setingan yang pas, kemungkinan hanya dapat dipakai pada mesin extreme dan balap extreme seperti drag race!

Noken as yang baik kurus atau gemuk? Menurut kami cam kurus lebih spesial. Selain bobot rotasi noken as sendiri sudah berkurang, sehingga mempercepat akselerasi noken as, apalagi jika ditambah bearing Hi-Speed. Profil cam kurus memberi kejutan pada klep membuka lebih cepat, menjaga klep terbuka penuh sedikit lebih lama, dan menutup cepat. Ini meningkatkan Efisiensi Volumetris pada mesin, memungkinkan galon demi galon udara keluar masuk melalui silinder.

membuat durasi noken as

membuat durasi noken as

Jangan dilupakan, ketika memesan sebuah noken as , sebutkan tujuan pemakaian kendaraan, spec klep yang dipakai, karena setiap mesin itu istimewa, dan noken as yang pas tentu akan berbeda dengan noken as mesin lainnya. Semakin lama durasi noken as ( diatas 300 ) semakin tinggi puncak tenaga berada di RPM tinggi pula, dan semakin kasar stasioner mesin. Tenaga mesin di bawah akan dikorbankan. Juga, durasi noken as bertambah, overlaping klep semakin lama, torsi hilang. Efisiensi bahan bakar akan berkurang, emisi gas buang bertambah.

Noken as performa tinggi dimuali pada derajat 280. Noken as yang sering dijumpai dipasaran ini, meningkatkan overlaping klep namun tanpa mengorbankan banyak bahan bakar dan emisi karbon. Ini adalah noken as yang baik untuk Street Engine, yang hampir 99 % standard, shingga noken as ini mampu memproduksi tenaga yang baik hingga 7,000 RPM.

Noken as 290 derajat, membutuhkan ubahan pada kepala silinder : Perbaikan geometri porting lubang masuk dan buang. Dengan irama mesin yang lebih nge-ROCK mesin ini akan sangat bertenaga di rentang 3000 RPM hingga 8000 RPM.  Ini adalah batas akhir durasi untuk harian, sehingga tipe cam seperti ini disebut tipe SPORT.

Noken as 300 derajat akan mulai terasa bekerja diatas 4.000 RPM. Untuk mesin yang sudah mengalami ubahan bore up, maupun berbagai tune maka noken as ini akan dapat dinikmati. Power puncak diperkirakan pada 9.000 RPM. Yakinkan pir klep terbuat dari material yang bagus sehingga dapat menikmati luapan tenaga mesin tanpa takut akan terjadinya mesin jebol.

KEM RACING INDONESIA

KEM RACING INDONESIA

Alamat Silaturahmi :

RAT MOTORSPORT INDONESIA

visit our garage @

Tropodo Indah Blok N no. 26 – 28

Waru – Sidoarjo

contact us : 085645577007

mail us : dragswega201@yahoo.com

facebook : swega rat, wawan rat

About these ads
Komentar
  1. andre mengatakan:

    sumatera utara

  2. Zoelpan mengatakan:

    Mas,saya punya mx,,
    perubahan extreme apa aja yg hrs di buat untuk ngalahin mio yg udah di bore up 315 cc,,
    dan rekor mio itu 5,5 detik,,
    dengan panjang trek 300m..
    Bls secepat nya mas..
    Terima kasih.

    • ratspeed mengatakan:

      MX nya silakan bawa ke bengkel boss… kita bantu :)

      Bisa kasih tau bengkel dan nomor yang punya Mio nya boss… banyak kawan yang penasaran…

  3. anca mengatakan:

    bng brapa ya noke as buatan mas

  4. nak makassar mengatakan:

    pada tekanan berapa mm pada dail gauge mulai dihitung durasi cam, apakah begitu jarum mulai bergerak ato kah pada angka tertentu???

  5. chino mengatakan:

    mtorku supra 98,mau dikencengin lagi larinya…mau ganti seher,enaknya pake pa?trus apa lagi yang harus disesuaikan setelah itu?

  6. bejoes mengatakan:

    hai sobat aku ikut bergabung

  7. nofal fahleffi mengatakan:

    saya punya mx.kem sudah di papas.klo mau pasang seher 70 bisa kan??tapi radiator tetap jalan,tanpa mengorbankan water jacket.gimana mas?

    • ratspeed mengatakan:

      @nofal

      MmMmMmMm.. menurut pengalaman, lubang kisi2 air di blok si emang masi ada, cumak jadi sempuiitt bangetzz… jadi pressure meningkat, dan air sering bocor masuk ke silinder, mungkin risetnya sala, tapi emang lebi baik ga pake radiator si… heheheheheeh kembali ke masa lampau
      kalok masi mau pake harian ngga nyaranin sy buat extreme gitu, main yang lebi manusiawi, kasian motornya disiksa, kecuali buat balap gitu boozzz…

  8. onoygrapiks mengatakan:

    saya punya cam supra fit d kasih lif brp???piston dah D 53 KAZE KEP STANDAR…….

  9. jemy mengatakan:

    Mas kalau kem untuk jarak 800meter bali sudah bore up 200 cc klep in 31 dan klep ex 25,bagusnya pakai kem berdurasi,tinggi angakatan klep,buka tutup klep,berapa?

  10. ivan mengatakan:

    mas klo utk bali noken as baik nya yg kurus atw yg gemuk

    • ratspeed mengatakan:

      @ivan

      Untuk bali, noken as yang baik adalah yang bisa bikin motor berlari kencang :D Yeaahhhh…
      dan untuk bisa berlari kencang, maka yang kurus lebi kenceng larinya… mau dibuatkan? :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s