Dari sejak jaman dahulu kala, kakek kita sudah fasih melafalkan “H-O-N-D-A”, jika kamu pernah main-main ke desa, bukankah masih sering dan banyak dijumpai orang-orang menyebut motor dengan nama : HONDA. Obsesi saya sih tipis2 dengan Honda San, menciptakan motor kencang sehingga semua orang kalo menyebut motor kencang pasti menyebut Swega RAT , hahaha… :P kumat lebay… hauhauhau…

This time, kita membahas mesin seri C honda, sejak model astrea star, prima, grand, supra, supra x, supra xx, honda Legenda, Legenda 2, supra fit, new supra fit, sampai ke generasi REVOLUSIONER -body doank revolusioner- Honda REVO semua menganut mesin sama. Jadi kalian-kalian pemakai motor Revo, adalah orang yang dewasa, karena apa? Because, meski tampang kalian muda, tapi jiwa kalian sudah kenyang makan asam garam hidup yang menjadikan kalian matang secara batiniah, lha piye meski model anyar, keren, ngganteng, mesin tuo lan katrok cah… Kudu nangis aku, feel useless event im trying so hard to defense myself, but the reality is still hurt. Kenapa beli terbujuk rayu mbak SPG cantik untuk beli honda revo hiks hiks hiks… T_T

Modifikasi mesin Honda C series, ada beberapa restriction : pertama, jarak baut tanamnya terlalu sempit sehingga bore up pun limited, kedua desain moncong porting yang terlalu besar, dan mengecil di dalam, melebar lagi kaya dangdut… ampun nak, sudah itu aja jangan banyak2 mencaci motor, secara gak bisa bikin sendiri gitu loh… syirik tanda tak mampu huahuahua :) Yang penting bagaimana kita mengubah kekurangan, menjadi kelebiha, itulah kreativitas.

Langkah modifikasi yang bisa dilakukan adalah Headwork : Pada porting intake cukup dihaluskan dengan kertas gosok kasar, gosok aja pake tangan yang kalem-kalem, sabar, takutnya kalo kebanyakan bisa kebesaran dan ngempos. Ingat perhitungan velocity porting, penting iku le! Kemudian membenahi camshaft, cam supra untuk kohar bisa dibabat 1mm, dengan desain ramp akselerasi dan deselerasi : Exhaust -> Quick opening – Slow Closing, Intake -> Slow opening, Quick Closing. Kalo ingin wuenak ya dibuat lobe lift hingga 7mm aja bos, manteb tuh, hitung sendiri kudu papas berapa mm… hehehe…

Untuk bagian liner : Maksimum oversize dengan piston jupiter z oversize 1.00, kalo ganti liner pakai punya kaze bisa masukin piston kaze oversize 200, atau mau pakai piston blitz joy dengan diameter 56mm juga bisa. Untuk tahap modifikasi ini perlu dilakukan bubut lubang crankcase, jadi pilihan tukang bubut yang sip harus menjadi target utama. Sampai disini modifikasi bisa maksimal dengan kapasitas engine 121.9 cc, dengan kubah ruang bakar standard kompresi bisa dikejar hingga 10.9 : 1 alias mantap pakai pertamax.

Kruk as bisa dimodifikasi, naik stroke 4mm sudah lumayan membantu kapasitas mesin, namun hati-hati ada area pompa oli yang akan terhantam connecting rod, sehingga connecting rod kudu dibubut sedikit agar nggak nyampluki ngendi-ngendi (biar tidak menghantam mana-mana gitu loggg) sampai sini modifikasi mantap hingga 131.7 cc, dan rasio kompresi mantap dengan 11.89 : 1, lumayan untuk mulai diisi avgas atau pertamax plus. Oiya, untuk honda Legenda hingga Revo, setang piston bisa memanfaatkan punya Grand, dengan panjang yang lebih ringkas selain untuk mengejar velocity piston tinggi, serta untuk menipu lawan karena mesin naik stroke gak bakal ketara hehehe… Rahasia gitu lohhh… mau tau aja :)

Untuk modifikasi sektor lain bisa dikembangkan melalui riset, kuncian utama ada pada cylider head dan blok… jangan lupa setelah modifikasi camshaft dan bore up, hitung ulang knalpot ya juragan… :) Selamat berjuang!

Tetap Sehat, Tetap Semangat, biar bisa modifikasi mesin tiap hari

R.A.T MOTORSPORT

.: House Of Performance :.

Raya Bypass Juanda no 1

SIDOARJO

085645577007

About these ads
Komentar
  1. Aqbukankiyai mengatakan:

    Slm knl om swega…
    Mo nanya supra 100 pke block+head supra 125 bisa ga.
    trz buat harian n toring awet ga.

  2. ZOKER mengatakan:

    cara buat motor kenceng (revo) tnpa otak atik mesin gimana ????

  3. Tomi Pank mengatakan:

    bang motor w revo spoke thun 2011 ,,,,, kra2 abiiiz brva uang yaah lw d modif ,,,,,, airbrass,cper,wrna na mrah hitam tyuz lw bza sticker na kya motor balap iit
    pkokna d modiiif hbiiiz ,,,,,,,,

  4. sayyid mengatakan:

    salam kenal
    bos aku mo nanya low buat korek harian mesin c 100 bagusan pake piston vario karisma atau kaze? masih binggung mo ganti piston, tkutnya mesin jadi ga awet gara2 ketinggian kompresi. thanks

  5. sayyid mengatakan:

    salam kenal R.A.T
    bos kalau boleh tanya buat korek harian mesin c 100 bagusnya piston karisma atau kaze atau vario ya? saya lebih mengutamakan ketahanan mesin bos, tapi tenaga mesin bertambah. thanks

  6. pudan mengatakan:

    kalo gigi rasio untuk revo ada ngak bang,?

  7. ARX-REVOX mengatakan:

    Wah itu si buat turun balap malem (bali :D) kurang cocok buat harian mas bro…
    Bikin artikel buat kohar dong mas bro, lgan klo bwt korek extreme gitu mending cari basis Grand atawa prima. Lebih enak :D

  8. rey mengatakan:

    boa ada yang tau ga…
    enak nya noken as supra 100 mau d pakein ke revo 100 d bubut nya berapa mili…???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s