BORE-UP Kit Yamaha Jupiter MX 150 CC

Posted: 3 Maret 2009 in MESIN DAN BALAP
Tag:, , ,

Cara mudah meningkatkan tenaga motor adalah dengan melakukan bore up. Bore up adalah sebuah istilah untuk menggambarkan dimana kita melakukan penggantian piston standard dengan piston dengan ukuran diameter yang jauh lebih besar, jadi ini sungguh berbeda dengan hanya melakukan oversizing. Dimana maximum oversizing adalah 1.00 yang berarti sebuah piston dengan ukuran 54mm misalnya, di replace dengan oversize kit 0.50 maka ukuran piston baru tersebut adalah 54.50 mm, it’s just slightly bigger. Sedangkan bore up adalah benar-benar mengganti piston dengan ukuran jumbo :) Misal piston dengan diameter 50mm diganti dengan 56mm, wuiikkk… beda 6mm, kedengaran masih sedikit, tapi ini sangat berpengaruh pada kapasitas mesin, dan apapun yang kamu lakukan dengan pembesaran piston selalu ber-efek pada peningkatan rasio kompresi yang artinya tentu saja akan ada sebuah power ekstra yang diperoleh dari modifikasi seperti ini.

Kali ini kita ingin me-review tentang Jupiter MX yang cukup favorit untuk di Bore Up, apalagi MX memiliki saudara kandung yang sudah 150 CC dengan kapasitas engine mirip Hmmm…  Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu meng-over bore dinding liner untuk memaksa agar piston vixion dapat masuk, sedangkan cara kedua adalah dengan membeli Bore-Up kit untuk Yamaha Jupiter MX sehingga dapat langsung diaplikasi kan ke motor.

Seperti yang satu ini kami lakukan adalah membuat bore up kit, sehingga cylinder block original milik Jupiter MX nantinya akan digusur dengan Cylinder Block baru dari motor sport Injeksi tersebut. Perbedaan technical adalah letak diameter piston Vixion sebesar 57 mm menjadikannya sebuah amunisi mantap untuk dijejalkan ke dalam silinder Jupiter MX. Tenang saja untuk cylinder head MX masih dapat digunakan, karena permukaan piston V-Ixion memiliki kubah cekung alias menganut tipe low-kompresi, sehingga dapat dipastikan motor MX panjenengan sedaya tasih aman-aman mawon ngaggem bahan bakar pertamax plus. Nggih…

Untuk instalasi tidak mendapatkan kesusahan yang berarti cukup merapikan liner Yamaha V-Ixion agar memiliki diameter luar yang sama dengan standard Jupiter MX, setelah dibubut pun ternyata dinding liner pada silinder masih memiliki ketebalan yang cukup aman dipakai harian. Well, ayo aplikasi! Jangan lupa setting ulang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil maksimal. Nyalakan, dan Gas Polll…!!!

best regards,

d.swega

R.A.T Motorsport

Visit Us @ Desa Tropodo Indah Blok N no. 26-28

Waru – Sidoarjo

085645577007

Also visit our new website @  http://ratmotorsport.net

Bookmark us now!

About these ads
Komentar
  1. ari mengatakan:

    klo pake karbu PE ninja gimna…?

  2. Radychal mengatakan:

    hi saya maw tnya bor-up nya bisa bqn mtrnya Rusak nggak

  3. rahmad rectorz mengatakan:

    maz apakh silinder mx sma dngn silinder fu ???
    bagaimna klo piston mx d.gnti piston fu

  4. raymond mengatakan:

    Boz mw tny ni..klo mx karbu n CDI na yg nendang\bagus pke ap y?-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ :) bos..

    • Aldo mengatakan:

      klo mau enak gan saya saranin beli/ ganti karbu tdr atau kenhin sama aja sih nah terus ganti kabel busi dan busi nya itu jga udh berasah kok naik nya klo start nya mau kenceng pakek gir belakang mx lama udh gitu aja udh lumayan

  5. topan mengatakan:

    bos kalo mao ngilangin limmid,, loe harus ganti CDI varoo,, atu ga brt,, itu udah bisa ngilangin limid. bos

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s