Tuning Mesin Motor 4-Tak

Posted: 13 Februari 2009 in MESIN DAN BALAP
Tag:, , , , , , , , ,
Formula Desain Motor Balap

Formula Desain Motor Balap

Yup, Ini adalah rumus yang kita pakai sebagai dasar pengembangan seting mesin balap motor 4 Tak. Keselarasan dalam pemilihan spek modifikasi akan menentukan karakter tenaga mesin dan potensi yang mampu dilahirkan. Dengan spesifikasi ini motor lebih mampu untuk mengeluarkan tenaga di RPM atas. Namun modifikasi tidak hanya terhenti sampai disini, karena mesin 4 tak memiliki banyak komponen dan variable yang dapat dikorek lebih dalam untuk dikembangkan. Support dana dalam riset motor balap tentu akan menentukan kemenangan dalam sebuah kejuaraan ataupun kompetisi, karena jika setiap detail mampu kita temukan rahasianya untuk dikembangkan maka sektor itu pula lah yang akan menjadikan motor kita se-per seratus detik lebih kencang dari motor lawan dan akhirnya menyentuh garis finish lebih dahulu.

Prinsip dasar motor bakar adalah adanya kompresi, bahan-bakar, serta pengapian yang baik maka mesin motor dapat bekerja dengan baik. Nah, tantangan dalam balap adalah bagaimana meng-optimalkan kinerja mesin dalam menghasilkan kompresi, adanya bahan-bakar yang pas dan jalur aliran bahan-bakar dengan udara mampu bekerja dinamis, dan kepastian adanya penyalaan pengapian dalam timing yang tepat maka dapat dipastikan tenaga mampu lebih dioptimalkan.

Perhitungan penting kala kita melakukan ubahan saluran porting adalah kecepatan udara atau seringkali di-istilahkan dengan Velocities, ini merupakan hitungan Gas Speed yang menentukan homogenitas campuran Udara – Bahan Bakar pada saluran porting. Serta desain porting yang baik tentu haruslah memenuhi persyaratan tertentu sehingga aliran udara akan bergerak memutar dalam saluran porting.

Velocity

Rumus Velocity Porting

Sekian banyak rumusan dalam engine tuning, sekian banyak buku, sekian banyak referensi, sekian banyak pengalaman dari teman dan rekan, keberhasilan – kegagalan, piston jebol, kruk as melintir, per klep patah, gigi transmisi rompal, semua adalah resiko kita dalam mengembangkan mesin balap agar mampu bekerja melebihi ekspektasi yang diharapkan. Jika motor balap Moto GP juga bisa jebol minggu ini, dan turun balap lagi pada pekan berikutnya, maka kita juga harus bisa! J

Dengan banyaknya racing part yang beredar dipasaran, dengan harga yang tidak murah, serta merk yang beragam tentu menjadi nilai tersendiri. Namun belum tentu semua racing part sesuai dengan kebutuhan kita, bisa jadi ini adalah pilihan termahal yang harus dibayar dan bersiap kecewa berat jika ternyata tidak sesuai harapan kita. Tapi, jika jiwa kamu lebih menyukai susah-senang dan jatuh-bangun dalam meriset motor balap then let’s join with us dan semoga mimpi kita terwujud. Terpenting adalah perencanaan modifikasi yang matang, mungkin membeli part racing plug N play terlihat sangat menggiurkan, namun korekan mata tuner pada lubang porting, papas an bagian pantat dan pinggang pada noken as, cylinder head yang dikepras habis akan lebih member nyawa mesin yang ber-Aura balap.

Atas kepercayaan kalian meriset mesin bersama R.A.T, kami segenap keluarga bengkel R.A.T mengucapkan banyak terima kasih atas semua pengalaman-pengalaman dalam riset motor balap. Dan jangan pernah berhenti karena kita harus terus mematok target lebih tinggi, perolehan waktu yang lebih tajam, motor yang melaju lebih cepat. Terus berlari bersama kami… Gas Polll…!!!

About these ads
Komentar
  1. Fadel Devito mengatakan:

    semoga dengan adanya inovasi ini baru membuat kita maju lebih kencang menyetuh garis finis
    apa bisa tehnik mesin eropa di terapkan ke mesin mobil/motor jepang ya..?

  2. ivan antariksa mengatakan:

    mas mau nanya bagaimana cara bikin napas panjang motor honda c70

  3. Usman Sumantri mengatakan:

    Permisi,mau tanya nih,,,
    gimana caranya kita bisa dapet RPM maximum kaya yg di maksud di atas ya,,,?
    trus RPM maximum yg di maksud itu RPM pada spek mesin standar / gimana ya,,,?
    mohon kepada RAT supaya bisa dibantu,Thanks,,,

  4. badjoeri mengatakan:

    kpn2 ble maen ksna gx mas,biar tau cra bkin mtor touring yg kencang..??

  5. tovan mengatakan:

    q pngen tnya pa yg dimaksud dngan :
    stroke*max.rpm : tu brapa ya ,, stroke dikalikan ma rpm ya?

    trus : bore2 ma port2 , tu apa?

    trimakasih ….///

  6. dicky geress mengatakan:

    hai…..sob klo pake seher tiger ukuran klep nya brapa sih.terus portingan inlet nya berapa?
    biyar ngepas bahan bakar nya pke apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s