Maksimalkan Karburator Standard (REAMER)

Posted: 13 Februari 2009 in MESIN DAN BALAP
Tag:, , , , , , , , ,

http://www.ratmotorsidoarjo.co.cc

Update sharing hari ini adalah tentang How To Tune karburator ^_^ Ini juga sebagai lanjutan update modifikasi mesin jupiter z yang ingin kencang tapi irit biaya tu kmaren tu loh… Hehehe.. Ati Karep Bondo Cuphet Jahhh…

reamer -otomotif.net-

Reamer karburator emang ga bisa dilakoni sembarangan, kudu ati2 dan kalem. Perlu diperhatikan saat pembesaran harus dilakukan dengan mendesain ulang lubang Venturi ouval ke atas, karena yang kita kejar adalah nafas mesin (Power) lebih kuat di putaran atas maka reamer harus berbentuk begitu. Kalo diratain bunder ser ampe bawah mah motor susah idle pastinya. Lagian, ngapain juga nge-reamer ke arah bawah? Malah bikin udara banyak bablas lewat skep karburator meski katup sudah udah nutup full.

Jangan lupa bagian belakang

Jangan lupa bagian belakang

Untuk moncong karbu yang dagingnya tebel kayak Karbu PE-28 bisa direamer dindingx 0.5mm kalo mau ekstrem ya coba aja 1mm, lebih dari itu dikhawatirin dinding karbu lobang. Tapi kalopun lobang bisa ditambal kok hehehe, mau karbu PE-28mm jadi 31mm?? Ayookkkk ajah..!!

Reamer karburator PE 28 – R.A.T -

Untuk karbu bebek apalagi yang kecil kaya punya Jupiter Z / smash / shogun¬† nih gak memungkinkan untuk direamer, lagian kalo direamer bentukx jadi jelek. Kan males ngeliat yang jelek2 hehehhee… Maka fokus kita adalah memperbesar skep karburator, mengganti dengan skep punya motor RC 100 dengan diameter 19mm, dari aslinya yang 17mm. Bisa juga mengganti dengan kaliper berdiameter 20.5 milimeter dari bahan spesial stainless steel dan pengerjaan ini memang membutuhkan bantuan tukang bubut dengan alat buatan Eropa demi kepresisian mikro mili.

Reamer Karburator Jupiter Z

Reamer Karburator 17mm ke 19mm

Lanjut, setelah area moncong dan Venturi kelar kena reamer maka terakhir fokus reamer adalah pantat karburator yang nempel ama manifold intake.  Tetep batasan aman buat korek harian mah 0.5mm rata dinding samping dan atas, INGAT! INGAT! yang bawah jangan dikorek. Mending dibuat pola dulu dengan speedol baru dari dinding skep ditarik mundur, jadi bentuknya seperti corong berlawanan ama moncong karbu. Kalo kesusahan ya dibuat tarik rata aja gakpapa kok. Dont forget to adjust alignment with the intake manifold - wah kumat bahasa madura keluar- hehehe.. maklum ketularan tukul sok keminggris.

Tetap Sehat – Tetap Semangat , Biar Bisa Modifikasi Mesin Tiap Hari.

R.A.T motorsport

RAYA BYPASS JUANDA no. 1

SIDOARJO

085645577007


About these ads
Komentar
  1. mx_rider mengatakan:

    klo karbu 22mm standar mx lama bsa d reamer gk gan??klo bisa,smpe brpa mili maksimal’y??

  2. Irfan mengatakan:

    Kalo Jarum venturi yg bagus untuk remaer karbu jupiterZ apa bro

  3. goodreall mengatakan:

    sip banget broooooo.

  4. thanks bangget,
    jadi banyak informasi nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s